Lingga Kencana Naga Wiluya, Kabupaten Pangandaran

0
714
Lingga kencana naga wiluya

Lingga Kencana Naga Wiluya, sebutan penduduk setempat, terletak di Dusun Sentul, Blok Lingga, Desa Sukanegara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, dengan ketinggian 28 m di atas permukaan laut.  Lingga ini ditempatkan di dalam cungkup di atas bukit kecil. Akses menuju lokasi lingga berupa jalan setapak yang cukup terjal dan menanjak dan ditumbuhi semak belukar. Bukit tempat lingga ini berada ditumbuhi pohon bambu, pohon lada, dan tanaman keras lainnya.

Di dalam cungkup terdapat lingga yang diletakkan di atas batu umpak berbentuk bulat, dan beberapa fragmen bata lama diletakkan didekat umpak. Kondisi lingga terbelah dua di bagian silinder. Lingga dan umpak terbuat dari batuan sedimen. Lingga berukuran diameter atas 27 cm, tinggi bagian silinder 26 cm, tinggi segi delapan 24 cm, dan tinggi segi empat 19 cm. Adapun umpak berukuran tebal 15 cm, diameter 40 cm.

Detail umpak

Menurut informasi dari Pak Kosim Suhanda, juru kunci di Lingga Kencana Naga Wiluya, folklore yang diceritakan secara turun-temurun di daerah ini bahwa lingga tersebut merupakan pusaka yang berasal dari Banten. Adapun umpak dan fragmen bata memang berasal dari bukit ini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR