Koleksi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

0
7436

Salah satu museum situs yang berada di wilayah kerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang adalah Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama. Koleksi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama secara garis besar adalah hasil temuan dari kegiatan penelitian dan pelestarian yang pernah dilakukan di kawasan Banten Lama. Koleksi arkeologika yang terdapat di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama meliputi sejumlah benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala yang ditemukan di Situs Banten Lama, yang berasal dari masa pra-sejarah, masa klasik (Hindu Budha), masa Islam, hingga masa kolonial. Koleksi arkeologika ini mencerminkan eksistensi Banten Lama telah ada sejak masa pra-sejarah di Indonesia. Koleksi-koleksi tersebut antara lain kapak batu, arca Nandi, genteng dalam berbagai bentuk dan ukuran, memolo/hiasan atap bangunan/kemuncak, tegel, pagar besi berhias, engsel, pegangan kunci, rumah kunci, hiasan lubang kunci, paku, mur dan pipa saluran air dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Hiasan atap
Hiasan atap

Koleksi lainnya adalah koleksi keramologika, yakni berupa keramik dan gerabah. Keramik-keramik yang menjadi koleksi museum ini terdiri dari keramik asing dan keramik lokal. Keramik asing umumnya berasal dari Burma, Vietnam, Cina, Jepang, Timur Tengah serta negara-negara Eropa dengan cirikhasnya masing-masing. Keberadaan keramik ini mencerminkan bahwa pada saat itu Banten Lama merupakan sebuah daerah yang ramai dengan aktivitas perdagangannya serta berbagai macam bangsa yang datang ke sana. Selain itu juga telah terdapat industri gerabah yang berkembang di Banten Lama pada masa itu, dimana gerabah-gerabah tersebut umumnya dipergunakan sebagai alat rumah tangga, unsur bangunan serta wadah pelebur logam yang biasa disebut kowi.

Kowi
Kowi

Koleksi numismatika merupakan koleksi yang berupa mata uang. Koleksi yang ada di museum ini berupa mata uang asing yang dicetak di Banten Lama sendiri maupun mata uang asing seperti caxa (Cina), mata uang VOC, mata uang Inggris, dan Tael.

Memolo
Memolo

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama mempunyai koleksi yang telah diregistrasi lebih dari seribu benda koleksi, baik yang dipamerkan secara outdoor dan indoor maupun yang masih tersimpan di ruang penyimpanan koleksi museum dan di ruang koleksi kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang. Sebagian besar dari benda-benda koleksi yang dimiliki oleh museum merupakan temuan arkeologi yang berasal dari Situs Banten Lama. Namun ada pula koleksi yang diperoleh melalui cara pembelian/imbalan jasa dan hibah serta titipan.