Gudang Peluru Gudang Peluru Markas Komando Distrik Militer 0601 Pandeglang

0
149

Gudang Peluru MAKODIM 0601 Pandeglang berada di Jl. Pendidikan, Desa Kebon Cau, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dan terletak pada koordinat 06°30’79” Lintang Selatan dan 106°10’62” Bujur Timur. Batas utara merupakan asrama prajurit dan bekas Kantor Pegadaian, batas selatan berupa Jl. Pendidikan dan Kantor DPRD Kabupaten Pandeglang, batas timur berupa Jl. Ahmad Yani, dan batas barat berupa Gedung Utama MAKODIM 0601 Pandeglang.

Bangunan ini terletak di sisi timur bangunan utama Makodim. Muka bangunan menghadap ke selatan dengan denah berbentuk persegi panjang yang membujur dari sisi barat ke timur. Bentuk bangunan masih seperti aslinya, hanya terdapat penambahan ruang di bagian teras depan. Atap bangunan berbentuk pelana dengan penutup atap dari material genteng press yang sudah diperbaharui.

Saat ini bangunan ini sudah mengalami perubahan fungsi. Terdiri dari lima ruangan yang masing-masing dipergunakan sebagai ruang pramuka, ruang brangkas, ruang perpustakaan, ruang kerja, dan ruang koperasi. Pintu dan jendela pada bangunan ini pun masih asli. Sebagian besar pintu dan jendela terdiri dari bukaan ganda dan beberapa di antaranya berbentuk krapyak. Ukuran pintu dan jendela lebar dan tinggi dengan lubang angin yang besar. Dimensi ini menunjukan bahwa bangunan tersebut masih memperlihatkan gaya kolonial yang khas.

Di ruang perpustakaan, terdapat kotak berangkas besi yang tertanam di dinding. Letaknya di sudut ruangan dan berbentuk seperti kotak pos. Sedangkan di antara ruang pramuka dan ruang perpustakaan terdapat satu pintu berukuran lebih kecil dan rendah serta bentuknya yang berbeda dengan pintu lainnya. Informasi yang didapat menyebutkan bahwa dahulunya ruangan tersebut adalah ruang penyimpanan senjata. Namun, saat ini ruangan tersebut sudah tidak dipergunakan kembali. (Sumber : Buku Data Base Cagar Budaya di Kabupaten Pandeglang, BPCB Banten).

TINGGALKAN KOMENTAR