Di Masa Pandemi, BPCB Banten Gelar Pembinaan Juru Pelihara Sistem ‘Daring’

0
50

Pandemi covid-19 tidak mengurangi semangat Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) untuk melakukan pelestarian Cagar Budaya. Berbagai upaya pelestarian Cagar Budaya tetap dilakukan. Salah satunya adalah pembinaan Juru Pelihara sebagai ujung tombak pelestarian di setiap Situs Cagar Budaya yang ada di wilayah kerja BPCB Banten. Selama 2 hari BPCB, yaitu 2 – 3 Juni 2020 BPCB Banten menggelar pembinaan Juru Pelihara yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

Juru  Pelihara berperan penting dalam upaya pelestarian Cagar Budaya. Mereka adalah ujung tombak  keberhasilan pelestarian Cagar Budaya sehingga perlu adanya perhatian khusus pada para juru pelihara salah satunya dengan melakukan pembinaan juru pelihara.

Pada hari pertama, Selasa 02 Juni 2020 pembinaan dilakukan kepada Juru Pelihara PNS yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat sebanyak 80 orang. Hari berikutnya, Rabu 03 Juni 2020 pembinaan diikuti oleh Juru Pelihara PNS yang ada di wilayah Provinsi Banten sebanyak 11 orang, DKI Jakarta 4 orang, dan Lampung 25 orang.

Materi dalam pembinaan ini yang meliputi tugas pokok dan fungsi juru pelihara di sampaikan oleh Kepala BPCB Banten, Dra. Rusmeijani Setyorini dan Juliadi, S.S., M.A. selaku Kasie. Pelindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan.**

TINGGALKAN KOMENTAR