BPCB Banten Menyapa Bogor

0
335

Setelah Bulan Maret kemarin Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) menyapa warga Lampung, kini giliran warga Kabupaten Bogor yang disapa lewat rangkaian kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program kegiatan internalisasi Cagar Budaya dan juga sebagai bentuk upaya peningkatan pendidikan karakter bagi masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan ini BPCB Banten bekerja sama dengan instansi Pemerintah Daerah Kabupten Bogor.

Rangkaian kegiatan pelibatan masyarakat Kabupaten Bogor dimulai  pada 27 April 2019 dengan pemutaran film dalam kegiatan Bioskop Keliling (Bioling)  di Lapangan Kecamatan Leuwiliang. Acara pemutaran film ini mendapat respon positif dari masyarakat dan unsure pemerintahan setempat. Mereka mengharapkan kegiatan pemutaran film ini dapat berlanjut di waktu yang akan datang.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Sosialisasi dan Pameran Cagar budaya yang diselenggarakan di Hotel Duta Berlian , Kabupaten Bogor. Kegiatan sosialisasi Cagar Budaya berlangsung selama satu hari, yaitu pada 29 April 2019 sedangkan Pameran Cagar Budaya berlangsung selama dua hari, yaitu 29 – 30 April 2019. Kedua acara tersebut berlangsung dengan lancar dan memperoleh antusiasme yang besar dari masyarakat.

Kunjungan Pameran Cagar Budaya

Jelajah Cagar Budaya menjadi penutup manis dari rangkaian kegiatan pelibatan masyarakat di Kabupaten Bogor. Seratus pelajar Kabupaten Bogor diajak menjelajahi situs-situs  Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Bogor. Selain dapat melihat Cagar Budaya dari dekat, para peserta Jelajah Cagar Budaya juga mendapatkan informasi mengenai Cagar Budaya dari narasumber.

Semoga kegiatan pelibatan masyarakat semacam ini dapat terus dilakukan secara regular demi peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian Cagar Budaya. Terima kasih Bogor. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. Salam Lestari Cagar Budaya. **YR

TINGGALKAN KOMENTAR