Kemendikbud Siap Gelar Pekan Budaya Indonesia III-Palu Nomoni II

0
295
Pekan Budaya Indonesia

Jakarta – Pekan Budaya Indonesia III akan segera dimulai. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) II di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Dengan mengusung tema “Ragam Budaya Untuk Indonesia Berkarakter”, kegiatan ini akan terlaksana selama 6 hari, 22 – 27 September 2017.

Ragam kegiatan siap menghibur dan mengedukasi para pengunjung. Diantaranya, berbagai macam pameran interaktif dari satuan kerja Ditjen Kebudayaan, pentas seni, aneka workshop kerajinan tangan, pemutaran film, ritual-ritual adat, dan lain-lain. Keseluruhan acara tersebut dapat pengunjung nikmati tanpa dipungut biaya apapun.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan bahwa kegiatan Pekan Budaya Indonesia – Festival Pesona Palu Nomoni 2017 merupakan proyek kerjasama Kemendikbud dengan Pemerintah Daerah Palu. “Idenya adalah untuk sekaligus membantu menghidupkan ekosistem dan kegiatan-kegiatan kebudayaan di daerah,” ujar Hilmar Farid.

Salah satu tujuan dari penyelenggaraan PBI – FPPN 2017 adalah untuk menjadi ruang bertemunya komunitas dan pelaku kebudayaan di Indonesia.

“Fokus utamanya adalah menghadirkan, menampilkan dan memprakarsa apa yang sudah dilakukan terhadap pemajuan kebudayaan. Kami ingin melalui kegiatan ini dapat memperkuat sektor-sektor penyelenggaraan yang masih lemah supaya memperkuat ekosistem. Dan juga memberdayakan komunitas atau pelaku kebudayaan di daerah,”

Pekan Budaya Indonesia III dan Festival Pesona Palu Nomoni II merupakan acara tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama Pemda Palu dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini turut dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

TINGGALKAN KOMENTAR