Menanti Senja bersama Alunan Musik Vinculos

0
201

Balige, Sumatera Utara – Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang didatangi oleh kelompok musik asal Spanyol bernama OCAS. Dalam sebuah projek kolaborasi musik Indonesia-Spanyol, Vinculos for Indonesia 2017, sebuah konser dihelat di Kampus IT DEL, Laguboti, Sumatera Utara. Dengan berlatar belakang pemandangan senja di pinggir Danau Toba, konser kolaborasi perdana tersebut sukses memukau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, serta seluruh masyarakat yang hadir dalam perhelatan tersebut.

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan kolaborasi ini. “Saya sangat mengapresiasi gagasan pencerahan dalam kegiatan kolaborasi musik antara kelompok musik orkestra dari Spanyol dengan seniman lokal di Sumatera Utara,” sampai Muhadjir Effendy.

Beliau juga menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, semoga dapat semakin memupuk rasa saling kesepahaman dan kebhinekaan bagi masyarakat Indonesia khususnya. “Sebuah orkestra ibarat sebuah negara yang harmonis karena  dimainkan bersamaan dengan indahnya. Negara Indonesia pun demikian. Sebuah negara yang terdiri dari banyak keberagaman namun tetap dapat menjaga keharmonisan menjadi satu kesatuan,” pesannya.

Konser musik perdana kolaborasi Indonesia – Spanyol dalam Vinculos for Indonesia 2017 merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di Kab Toba-Samosir, Sumatera Utara. Sebuah konser yang tidak kalah megahnya akan digelar di TB Center, Museum TB Silalahi, Sumatera Utara pada 30 Juli 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR