Batu Puteri, Inikah Wujudmu?

0
832

Batu Puteri, itulah nama yang diucapkan masyarakat Gunung Megang memangil dirimu. Hingga saat ini, mungkin setiap orang yang pernah melihat dan mengenalmu hanya mengenal dengan sosok yang hanya memperlihatkan paras wajah dan bahumu.  Hampir seluruh tubuhmu yang lainnya tidak terlihat, karena terpendam didalam tanah.

bpcbjambi

Beberapa kabar yang menginformasikan tentang dirimu, baik dahulu dan sekarang. Hanya memperlihatkan paras wajahmu dengan latar yang berbeda. Namun ternyata ada informasi lain yang tanpa disadari mengidentifikan sosokmu yang berasal dari Gunung Megang. Sebuah dokumentasi lama, didalamnya berpose seorang lelaki berpakaian serba putih dengan tangan kanan memegang topi sementara lengan kirinya diletakan disisi kepalamu. Sang pria bukan pribumi atau penduduk Gunung Megang, dengan bangganya berpose disampingmu untuk diabadikan dalam jepretan sang photografer.

bpcbjambi

Dokumentasi ini menjadi sangat penting dan bernilai sekali karena tanpa disadari telah menginformasikan tentang sosok utuh dari Batu Puteri sesungguhnya. Dokumentasi ini telah memberikan gambaran detil sosok Batu Puteri yang hanya dikenal sebagai Arca Megalitik yang sebagian tubuhnya terpendam didalam tanah. Dokumentasi ini bukan hanya menyampaikan sosok utuh Batu Puteri, tetapi memberikan peringatan dan pertanyaan. Jika memang dokumentasi yang diperoleh dari koleksi dokumentasi KITLV ini merupakan wujud Batu Puteri yang selama ini telah dikenal sebagai arca megalitik yang berada di Situs Gunung Megang. Dan informasi yang tertera pada dokumentasi KITLV menerangkan bahwa megalitik ini berasal dari Gunung Megang.

Kondisi latar arca yang berbeda dari dokumentasi ini dengan kondisi arca yang sekarang. Tentunya menimbulkan pertanyaan, Jika Arca Batu Puteri ini adalah arca yang sama dengan yang sekarang bisa dilihat di Gunung Megang. Bagaimana dan kapan arca yang ada dalam dokumentasi ini, pada gambar diatas berada diatas permukaan tanah, namun pada saat ini dengan kondisi sebagian terkubur  ?

Jika arca dari dokumentasi KITLV yang diperkirakan diabadikan pada tahun 1935 ini berbeda dengan Arca Batu Puteri yang sekarang ada di Situs Gunung Megang. Dimanakah posisi dan letak arca ini ?