Foto Presiden Sukarno Bersama Presiden Republik Rakyat China Mao Tse Tung

Sukarno dan Mao Tse Tung

Bogor (10/5) Pada tanggal 13 Juni 1961, Ketua Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Mao Zedong di Balai Qinzheng, Zhongnanhai, Beijing, bertemu dengan Presiden Soekarno yang datang berkunjung ke Tiongkok.

Pada tanggal April 1961, Presiden Sukarno melakukan lawatan ke Amerika Serikat. Di Washington DC sang sohibul bait, Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan sang istri Jacqueline “Jacky” Kennedy menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut Bung Karno dan rombongan. Sang Ibu Negara, Jacqueline “Jacky” Kennedy meminta Departemen Luar Negeri mencari buku koleksi lukisan Sukarno. Sebagai ibu negara, ia ingin mencitrakan diri sebagai tuan rumah yang baik saat suaminya, Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, menyambut sang tamu.

Permintaan itu dilontarkan¬† Ibu Negara, Jacqueline “Jacky” Kennedy karena ia mendengar Presiden Sukarno sedang gembira luar biasa karena pemimpin besar Tiongkok, Mao Zedong, akan menerbitkan katalog koleksi lukisannya. Jacky ingin membuat tamunya terkesan karena di Gedung Putih ada buku tentang katalog lukisan itu.