Dikenal dekat dengan Ki Hadjar Dewantara, bahkan sempat disebut sebagai penerus jejak perjuangan beliau, Sarmidi Mangunsarkoro lahir 24 Mei 1904 di Surakarta, Jawa Tengah.

Ia merupakan seorang pendidik Indonesia yang melahirkan beragam tulisan mengenai dunia pendidikan. Sarmidi gigih mengembangkan dan membina Perguruan Taman Siswa.

Sarmidi juga merupakan salah satu pembicara pada Kongres Pemuda II yang membahas pentingnya pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Karena prestasinya tersebut, Bung Hatta memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjabat Menteri Pendidikan Pengajaran, dan Kebudayaan pada tahun 1949.

Atas jasa dan pengabdian dalam memajukan pendidikan Indonesia, pemerintah menganugerahkan Sarmidi gelar Pahlawan Nasional pada 2011. Hingga saat ini namanya banyak dijumpai sebagai nama jalan di wilayah Indonesia, sebagai penghormatan terhadap perjuangan Sarmidi mencerdaskan masyarakat Indonesia.

Pada bulan pendidikan nasional kali ini, Museum Sumpah Pemuda akan mengangkat tokoh Sarmidi Mangunsarkoro. Ikuti perkembangan informasi dan foto-foto terkait Sarmidi Mangunsarkoro pada akun instagram Museum Sumpah Pemuda.

TINGGALKAN KOMENTAR