SOSIALISASI MUSEUM KE SEKOLAH DI SULAWESI UTARA

0
71

Membaca isi dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2015 yang menetapkan tentang museum, tertulis bahwa museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Sesuai dengan peraturan tersebut maka museum harus bisa menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas. Sebagai salah satu museum yang berada di bawah nauangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Museum Perumusan Naskah Proklamasi mempunyai visi yang sesuai dengan peraturan tersebut yaitu terwujudnya museum yang mampu melestarikan dan menanamkan nilai – nilai proklamasi bagi masyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri, persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui visi tersebut pada tanggal 18 – 20 Februari 2020 Museum Perumusan Naskah Proklamasi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Museum ke Sekolah di Sulawesi Utara.

Kegiatan ini terlaksana dengan mengerahkan dua tim penyuluhan dari museum untuk mengunjungi sekolah – sekolah yang ada di Sulawesi Utara. Setiap sekolah akan mendapatkan informasi yang sama, seperti mendengar informasi dari Edukator, melihat gambar museum dan video seputar proklamasi namun dengan tingkat pemahaman yang berbeda untuk jenjang kelas yang siswanya. Setiap tim dilengkapi dengan alat pendukung untuk melakukan penyuluhan seperti laptop dan kuisioner yang berisikan soal – soal tentang museum. Kuisioner ini yang menjadi tolak ukur untuk siswa bahwa sudah sampai mana pemahanan akan Museum Perumusan Naskah Proklamasi baik dari gedung dan sejarah yang terkandung didalamnya.

Sekolah – sekolah yang dikunjungi adalah sebagai berikut:

  1. SD Negeri 03 Manado = 70 siswa
  2. SD Negeri 06 Manado = 70 siswa
  3. SD Negeri 11 Manado = 98 siswa
  4. SD Negeri 12 Manado = 53 siswa
  5. SMP Negeri 2 Manado = 68 siswa
  6. SMP Negeri 4 Manado = 60 siswa
  7. SMP Negeri 5 Manado = 61 siswa
  8. SMP Negeri 7 Manado = 43 siswa
  9. SMA Negeri 1 Manado = 94 siswa
  10. SMA Negeri 9 Manado = 62 siswa
  11. SMK Negeri 1 Manado = 83 siswa
  12. SMK Negeri 3 Manado = 63 siswa

Jumlah keseluruhannya adalah 825 siswa. Dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Utara dan Dinas Penididkan dan Kebudayaan Kota Manado kegiatan ini terlaksana dengan baik, seluruh siswa menyambut kedua tim dengan tangan terbuka dan antusias besar mendapatkan edukasi tentang Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Tujuan dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi Museum ke Sekolah di Sulawesi Utara agar siswa – siswa yang berada di luar ibukota DKI Jakarta dapat memahami lebih dalam lagi tentang Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Harapan dengan dilaksankan kegiatan ini, siswa mengerti akan besar usaha para tokoh dan merasakan jiwa kemerdekaan yang dirasakan oleh para pahlawan. Semoga kegiatan ini pun mendukung edukasi yang diharapkan dari pihak sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR