R. SUPOMO

0
125

R. Supomo lahir pada 22 Januari 1903 di Sukohardjo, Solo. Ayahnya bernama Raden Tumenggung Wingyodipuro dan Ibunya bernama RA Renak Wingyodipuro.
Pendidikan R. Supomo dimulai di ELS Solo (1917), MULO Solo (1920), Rechtshool  Jakarta (1923), dan Universitas Leiden (1927) dengan predikat Summa Cumlaude serta memperoleh Gelar Doktor in de Rechtsgeleerdbeid.


R. Supomo berkepribadian tenang, pendiam, banyak kerja, sopan, hormat, berwibawa dan cerdas. Beliau sangat dicintai dan dihormati karena budi pekertinya yang luhur. Sebagai seorang sarjana hukum, beliau selalu mengabdi diri baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam lembaga-lembaga penegak hukum.


R. Supomo turut hadir pada proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di JI. Imam Bonjol No 1. Setelah Indonesia merdeka beliau diangkat menjadi Menteri Kehakiman Rl yang pertama.


R. Supomo meninggal tanggal 12 September 1958 dan dimakamkan di makam Yosoroto, Slamet Riyadi Solo. Selama hidupnya beliau telah mengabdi pada bangsa dan negara serta sumbangan pemikiran pada ilmu hukum dengan karya-karya ilmiahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR