PENJURIAN SELEKSI PROPOSAL LOMBA KREASI AUDIOVISUAL SEJARAH (LKAS) TAHUN 2019

0
3995

PENJURIAN SELEKSI PROPOSAL

LOMBA KREASI AUDIOVISUAL SEJARAH (LKAS) TAHUN 2019

Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melaksanakan seleksi proposal Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) tahun 2019. Seleksi proposal dilaksanakan di Kantor Direktorat Sejarah Gedung E Lantai 9 Komplek Kemdikbud Jl Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Seleksi proposal oleh dewan juri yang terdiri atas: M. Abduh Aziz, S.S (Direktur Pusat Produksi Film Negara) selaku ketua Tim Juri, Dr. Bondan Kanumoyoso (Sejarawan Universitas Indonesia), Totot Indrarto (Institut Kesenian Jakarta) dan tim panitia Dikektorat Sejarah.

Pada hari Selasa, 9 April 2019, seleksi proposal dari seluruh Indonesia telah dilaksanakan dengan jumlah sebanyak 458 proposal yang meliputi aspek penialain berupa substansi sejarah dan budaya dan ide kreatifitas oleh tim dewan juri dan panitia Direktorat Sejarah.

Hasil seleksi tersebut setelah menimbang, mengingat, dan memutuskan didapatkan 60 proposal (tim) terbaik dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu kegiatan Workshop Perekaman yang akan dibagi menjadi 3 region.

Berikut pembagian workshop dibagi 3 (tiga) sesuai regionnya, yaitu:

Region I: Seluruh provinsi di wilayah Sumatera, 21-25 April 2019;

Region II: Jawa, *Kalimantan (Kalbar & Kalteng), Provinsi Bali dan NTB, 28 April- 2 Mei 2019;

Region III: *Kalimantan (Kalteng Kaltim & Kalsel), NTT, Maluku Maluku Utara, Sulawesi, dan Papua, 3-7 Mei 2019.

 

Berikut daftar proposal yang lolos dan berhak mengikuti kegiatan workshop bisa diunduh di tautan berikut :SK Penjurian Proposal LKAS 2019

*) Mohon maaf jika ada kesalahan nama dan nama sekolah dapat laporkan ke panitia

 

Catatan:

  • LOMBA INI TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN
  • Bagi peserta yang namanya tercantum sesuai proposal silahkan konfirmasi ke panitia untuk tahapan selanjutnya;
  • Untuk memudahkan komunikasi peserta diminta memiliki aplikasi Whatsapp karena akan dibuatkan group.
  • Panitia HANYA menanggung transportasi pp dari ibukota provinsi masing-masing tim ke tempat pelaksanaan workshop. (panitia akan membelikan tiket pesawat pp dan akan mengirimkan tiket kepada peserta melalui email/whatsapp group/ peserta)
  • Boarding pass dan tiket pp HARUS diserahkan kembali ke panitia saat diacara workhsop sebagai laporan panitia;
  • Panitia HANYA menanggung akomodasi penginapan selama kegiatan berlangsung workshop, diluar acara workshop tersebut panitia TIDAK menanggung;
  • Setiap tim diwajibkan membawa laptop, kamera DSLR, tripod (jika ada), dengan software movie editing seperti adobe premier (windows), Vegas Pro (windows), Final cut pro (mac) atau sejenisnya.
  • Setiap tim yang lolos ke tahap workshop harus membuat video profil timnya, bebas berkreasi, jika sudah dibuat sebelumnya, diberi kesempatan jika ingin membuat ulang.
  • Upload video profilmu dengan tim mu untuk region 1 upload ke instagram tag ke @sejarah_kita_ dan hashtag #LKAS2019workshopbatam.
  • Upload video profilmu dengan tim mu untuk region 2 upload ke instagram tag ke @sejarah_kita_ dan hashtag #LKAS2019workshopbandung.
  • Upload video profilmu dengan tim mu untuk region 3 upload ke instagram tag ke @sejarah_kita_ dan hashtag #LKAS2019workshopkendari.
  • Setiap tim dan masing-masing peserta termasuk guru pendamping harus registrasi ulang dengan mengisi formulir di tautan berikut ini:
  • Workshop region 1 (Batam) http://bit.ly/lkasworkshopbatam
  • Workshop region 2 (Bandung) http://bit.ly/lkasworkshopbandung
  • Workshop region 3 (Kendari) http://bit.ly/lkasworkshopkendari
  • Membuat paparan (ppt.) singkat tentang sinopsis yang telah dibuat dan akan dijadikan sebuah film, format bebas berkreasi.

Buku petunjuk pelaksanaan lomba kreasi audiovisual sejarah tahun 2019 bisa di unduh di tautan berikut: Buku Juklak LKAS 2019

==================================================

FB: Sejarah Kita

IG: sejarah_kita_

WEB: website resmi kebudayaan kemdikbud

email: lombakreasiaudiovisualsejarah@gmail.com

youtube: SejarahKita

 

(YZH/PRG)