Sosialisasi Oleh BPSMP Sangiran Menyasar Generasi Muda

0
743

Sosialisasi yang dihelat BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan pada hari Selasa, 30 Januari 2018 menyasar generasi muda yang ada di Situs Sangiran. Sasaran generasi muda pada sosialisasi ini adalah pada siswa tingkat SMA/ SMK yang ada di dalam Kawasan Sangiran.
Sosialisasi ini melibatkan pihak sekolah tingkat SMA/ SMK yang berada tidak jauh dari kantor BPSMP Sangiran. Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran mengungkapkan tujuan kegiatan ini untuk, “Upaya penyebarluasan informasi nilai penting Situs Sangiran kepada peserta usia muda. Peserta yang diambil berasal dari sekolah-sekolah di dalam kawasan Sangiran, tentu saja dengan berkoordinasi langsung dengan guru-guru sekolah tersebut. Informasi ini perlu ditanamkan sejak dini agar para pelajar dapat memiliki kepedulian terhadap Cagar Budaya Sangiran yang berada di sekitar mereka berada,” ungkapnya.
Selain mendapat paparan di ruang, peserta juga diajak ke lapangan dengan mengunjungi monumen bersejarah, yaitu Monumen Drepo, Monumen S 27, dan Monumen Trianggulasi. Peserta diajak ke monumen guna memperkuat karakter generasi muda yang menjadi peserta kegiatan ini. Dalam sebuah kesempatan, Iwan mengatakan bahwa, “Format sosialisasi kepada pelajar ini juga diintegrasikan dengan penguatan pendidikan karakter, yaitu dengan berperan aktif dalam usaha pelestarian Situs Sangiran. Walaupun dalam tingkat yang sederhana, kegiatan di luar ruang dengan cara membersihkan monumen-monumen penanda temuan penting di Kawasan Sangiran merupakan salah satu bentuk penguatan karakter dengan nilai utama nasionalisme dan gotong royong”, tambahnya.


Dengan memberi pemahaman tentang kebesaran Sangiran dan juga menunjukkan langsung kebesaran itu, diharapkan peserta yang merupakan generasi muda penerus harapan bangsa ini memiliki kebanggaan atas apa yang ada di sekitarnya. Mulai turut serta menjaga kebanggaan itu dan pada akhirnya mampu memperkuat karakter mereka. (Wiwit Hermanto)