Sosialisasi Bagi Generasi Muda Sebagai Penerus Harapan Bangsa

0
647

Situs Sangiran merupakan salah satu situs penting di dunia dalam hal ilmu pengetahuan, terutama tentang evolusi manusia serta budayanya, fauna dan pemahaman tentang lingkungan purba di situs ini. Untuk menyebarkan pengetahuan tentang  Sangiran, BPSMP Sangiran mengadakan acara sosialisasi pada hari Selasa, 14 Maret 2017 di BPSMP Sangiran.

Acara ini mengundang generasi muda dari pelajar SMP Negeri 2 Plupuh yang menjadi yang lokasi sekolahnya berada didalam Situs Sangiran. Para pelajar ini juga didampingi oleh beberapa guru yang juga turut berminat akan pengetahuan tentang Sangiran.

Untuk memberi pemahaman mendalam tentang Situs Sangiran, peserta acara sosialisasi yang merupakan generasi muda ini diberikan 4 materi yang bertemakan:

  1. Visi, Misi dan Tupoksi BPSMP Sangiran dengan narasumber Sukronedi, S.Si, M.A.
  2. Pelindungan Cagar Budaya Situs Manusia Purba dengan narasumber Drs. Budhy Sancoyo, M.A.
  3. Potensi Sangiran Sebagai Warisan Dunia dengan narasumber Drs. Muhammad Hidayat
  4. Pelestarian Situs Sangiran Melibatkan Masyarakat dengan narasumber Dody Wiranto, S.S, M.Hum

Diharapkan acara sosialisasi yang menyasar generasi muda ini dapat meningkatkan kesadaran sejak dini bagi murid-murid SMP Negeri 2 Plupuh akan arti penting keberadaan Situs Sangiran. Kegiatan sosialisasi ini sekaligus menanamkan pendidikan karakter dengan menumbuhkan kesadaran para siswa selaku generasi penerus pelestarian Situs Sangiran. Selain itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat,  khususnya generasi muda dapat turut serta bertanggung jawab atas kelestarian situs dan menumbuhkan rasa ikut memiliki Situs Warisan Dunia tersebut.  (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR