Situs Cabbenge

0
2833
Munculnya Manusia Modern

Situs Cabbenge merupakan salah satu situs paleolitik di Sulawesi Selatan yang terpusat di Lembah Walanae. Sejumlah konsentrasi alat-alat paleolitik dan fosil banyak tersebar di sekitar Cabbenge, yaitu pada undak-undakan Sungai Walanae. Di antara undakan-undakan tersebut, undakan III dan undakan IV mengandung sisa fosil binatang dan alat-alat paleolitik yang paling banyak. Alat-alat tersebut terbuat dari bahan kalsedon, gamping kersikan, dan fosil kayu.

Dilihat   dari teknologinya, pembuatan alat batu paleolitik di Lembah Walanae mempunyai banyak kesamaan dengan budaya Pacitanian di Jawa Timur, ditunjukkan oleh korteks yang masih sering ditemukan menutupi sebagian permukaan alat.

Jenis-jenis alat batu yang dihasilkan antara lain kapak perimbas, kapak penetak, kapak pembelah, proto kapak genggam, pahat genggam, batu inti, serpih, dan alat-alat batu              inti yang tidak terpolakan. Di antara alat-alat serpih        terdapat serut cekung, lancipan, bor, serut punggung, dan serpih diskoidal. Ciri umum alat serpih ini adalah bulbus yang menonjol dan dataran pukul berfaset seperti yang dijumpai pada alat-alat Pacitanian.

Sumber: Museum Manusia Purba Klaster Bukuran