Pameran keliling yang diadakan BPSMP Sangiran di Pacitan pada tanggal 25-29 November 2019 banyak dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Pengunjung sebagian besar merupakan anak sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Mereka adalah bagian dari anak milenial yang oleh Presiden Joko Widodo mendapat perhatian khusus, untuk memberi perhatian pada mereka, pada pameran di Pacitan ini diajak bersua dengan kuis daring.
Kuis daring ini menjadikan mereka lebih mengenal kebudayaan masa lalu yang dipamerkan dengan cara yang mereka sukai. Generasi yang menyukai teknologi dalam menyerap informasi. Untuk membuat kegiatan ini makin menarik, panitia sosialisasi mengajak peserta untuk berperan bermain Kahoot.
Terpisah, Iwan Setiawan Bimas selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran mnerangkan, “Selain koleksi yang kami bawa pada pameran keliling di Pacitan, kami juga membawa materi pelengkapnya, salah satunya dengan mengajak pengunjung untuk mengenali dan memahami koleksi. Khusus untuk generasi milenial, kami adakan kuis daring, melalui kahoot dengan pertanyaan sesuai materi yang dipamerkan dan juga melalui film yang ditayangkan”.
Anak milenial ini merupakan modal besar bagi bangsa yang diharapkan ke depan dapat memberikan informasi yang didapat pada generasi penerus. Mereka yang akan meneruskan upaya pelestarian cagar budaya dan juga meneruskan pembangunan bangsa. Sudah selayaknya mereka mendapat perhatian dengan memberikan informasi melalui teknologi yang mereka gandrungi.
“Menarik ini, siswa diberikan informasi kemudian di beri pertanyaan melalui Kahoot ini. Terima kasih atas semuanya”, seru salah seorang guru pendamping.
Pengunjung pameran yang mengikuti kuis kahoot terlihat begitu berminat mengikuti permainan Kahoot. Berbagai ekspresi gembira dan antusias mengikuti permainan. Dengan bersemangat peserta dengan serius tapi santai memahami pertanyaan dan dengan segera menjawab. Di awal peserta kuis mengekspresikan perkenalannya dengan kahoot:
“Bagaimana caranya?”
“Ini bagaimana?”
“Itu nomor PIN yang diisi?”
Itulah sebagian komentar yang keluar dari peserta. Di akhir sesi permainan, para pemenang diberi berbagai hadiah yang telah disediakan. Sebuah sajian informasi yang dibungkus teknologi yang menjadi sangat tepat bagi anak milenial. Anak milenial yang akan bertugas menyampaikan pengetahuan bagi para generasi penerus bangsa. (Wiwit Hermanto)