Proses Penyusunan Katalog Museum Lapangan Manyarejo

0
394

Museum Lapangan Manyarejo merupakan salah satu museum yang dikelola oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran di Desa Manyarejo, Plupuh, Sragen, Jawa Tengah. Museum ini berada di tengah Situs Sangiran yang merepresentasikan kisah masa lalu hubungan kerjasama antara masyarakat lokal dengan para peneliti. Kerjasama ini yang menjadi salah satu hal yang membantu berbagai penemuan-penemuan penting.
Guna menjelaskan hal tersebut pada masyarakat, pada tahun 2021 ini, BPSMP Sangiran akan menerbitkan katalog koleksi museum ini. Memberi penjelasan tentang keistimewaan Museum Lapangan Manyarejo yang memberikan pengetahuan pada pengunjung melalu berbagai koleksinya beserta berbagai keterangan dari masyarakat serta para peneliti. Penjelasan akan kerjasama antara para peneliti dengan masyarakat lokal.
Kerjasama ini menghasilkan berbagai penelitian yang memberikan penjelasan yang menarik serta membuka berbagai pengetahuan. Penelitian yang dilakukan peneliti yang tidak akan berhasil tanpa bantuan dari masyarakat lokal. Kerjasama antara peneliti dengan masyarakat lokal ini dikisahkan di museum ini, memberikan penjelasan bahwa masyarakat lokal merupakan salah satu kunci dari penelitian yang dilakukan para peneliti.
Guna menyajikan sebuah katalog yang mampu memberi penjelasan pada masyarakat, dilakukanlah proses pengumpulan data. Proses tersebut sudah hampir menyelesaikan pendokumentasian koleksi sekaligus pengumpulan data koleksi yang dipamerkan. Pendokumentasian dan pengumpulan data ini akan dilanjutkan dengan proses selanjutnya.
Proses selanjutnya memerlukan pemikiran dalam menuangkan dokumentasi dan data dalan sebuah tulisan yang menarik dan mudah dipahami. Penyusunan katalog ini merupakan bagian dari upaya BPSMP Sangiran dalam menyebarkan informasi. Informasi melalui sebuah cetakan buku katalog yang menjelaskan berbagai informasi yang ada di Museum Lapangan Manyarejo
Berbagai koleksi yang dipamerkan diinformasikan dengan harapan dapat menjadi informasi sekaligus sebagai bahan dalam berbagai penelitian. Tim penyusun Katalog Museum Lapangan Manyarejo terus berkejaran dengan waktu. Sedikit demi sedikit data berhasil dikumpulkan dan kemudian diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
Dengan menerbitkan katalog ini, masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi yang diperlukan. Kerja keras tim penyusun untuk menyelesaikan ini secepatnya menjadi harapan akan bertambahnya terbitan bermutu dari BPSMP Sangiran. (Wiwit Hermanto)