Pengayaan Materi Prasejarah Sangiran Bagi MGMP IPS Kota Surakarta

0
620

Pada tanggal 8 Maret 2018, BPSMP Sangiran mengadakan sosialisasi bagi guru yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPS Kota Surakarta. Hal ini merupakan tindaklanjut dari workshop tentang museum tahun lalu yang juga banyak dihadiri guru-guru.

Dalam sambutannya, Drs. Muhammad Hidayat selaku Kepala BPSMP Sangiran mengatakan, “Sosialisasi merupakan kegiatan rutin BPSMP Sangiran dengan materi prasejarah. Dalam sosialisai kali ini, peserta akan mendapat pengayaan pengetahuan bukan saja dari BPSMP Sangiran saja tetapi juga dari para ahli dan peneliti yang akan mengungkap informasi hasil penelitian yang telah mereka lakukan sehingga bapak ibu akan lebih memahami materi prasejarah. Materi ini bisa sebagai pengayaan mata pelajaran IPS yang dapat diberikan pada anak didiknya. Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dan peran sertanya dalam kegiatan ini”, akhir Hidayat.

Sosialisasi Pengayaan Materi Sosialisasi Pengayaan Materi Sosialisasi Pengayaan Materi
Dalam kegiatan sosialisasi ini, dihadirkan narasumber berkompeten dari BPSMP Sangiran yaitu Drs. Muhammad Hidayat yang menyampaikan materi tentang Potensi Situs Sangiran, Iwan Setiawan Bimas, S.S. yang mengantarkan materi bertemakan Pengelolaan Informasi untuk Pemanfaatan. Narasumber dari Universitas Gadjah Mada yaitu Dr. Anggraeni, M.A. yang mengungkap materi Prasejarah Indonesia dan Rusyad Adi Suriyanto, M.Hum yang membahas tentang materi Manusia Purba.
Dari keempat narasumber yang membawakan materi berbeda diharapkan mampu membawa tambahan wawasan serta pengayaan materi bagi para peserta dan kemudian dapat disampaikan pada para siswanya. Pengetahuan tentang prasejarah bagi generasi muda, agar menjadi generasi yang mampu belajar dari masa lalu sekaligus mengetahui kebesaran bangsanya untuk menjadi pembelajaran bagi masa depan. Masa depan yang lebih baik di banding di masa lalu, menjadi generasi pembawa perubahan ke arah yang lebih baik. (Wiwit Hermanto)