Potensi Taman Punden Tingkir Sebagai Destinasi Wisata Baru

0
416

Jalan-jalan sampai Denpasar, pulangnya membawa palu. Hai apa kabar ? Semoga sehat selalu. Sudah lama admin tidak menyapa teman-teman di sini, semoga teman-teman dalam keadaan sehat dan tidak lupa jika bepergian untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yaa. Kali ini admin ingin membahas sesuatu yang unik dari Sangiran. 

Tidak heran jika Sangiran merupakan desa yang menjadi salah satu pemasukan bagi Kabupaten Sragen karena memang di dalam desa ini banyak potensi wisata yang dapat mengundang para wisatawan lokal maupun internasional. Jika Museum Sangiran menjadi kebanggaan Sragen dan sudah dikenal hingga mancanegara maka, kita juga tidak boleh lupa bahwa masih banyak potensi wisata yang terdapat dalam desa ini. Salah satu potensi wisata yang akhir-akhir ini menarik banyak wisatawan yaitu wisata Taman Punden Tingkir. 

Taman Punden Tingkir terletak di dusun Sangiran, Krikilan, Kalijambe, Sragen ini merupakan destinasi wisata baru yang patut dicoba oleh wisatawan. Dinamakan Punden Tingkir karena memang tempat ini dahulunya merupakan petilasan Joko Tingkir. Namun sekarang tempat ini diubah menjadi tempat wisata oleh masyarakat setempat.

Banyak spot selfie yang instragramable disini. Tidak hanya itu, dalam Punden Tingkir ini terdapat petilasan makam pengikut Joko Tingkir yang sudah ada sejak zaman Kasultanan Pajang. Para wisatawan harus menaiki anak tangga untuk sampai di atas bukit yang terdapat makam kuno pengikut Joko Tingkir dan dijadikan sebagai wisata religi. Di kawasan ini banyak sekali pepohonan yang berusia ratusan tahun yang belum dijamah oleh manusia. Kini tempat wisata ini dilengkapi area bermain untuk anak-anak, gazebo untuk istirahat wisatawan yang menaiki bukit untuk melihat petilasan makam di atas bukit dan masih dikembangkan lagi oleh pengembang wisata Punden Tingkir ini. Taman Punden Tingkir ini semakin dikenal oleh masyarakat luas sejak diadakannya Pasar Budaya Sangir tahun 2020 lalu dikawasan ini. (Nur Rahma Hapsari)

TINGGALKAN KOMENTAR