POTENSI BESAR USAHA HOMESTAY DI SANGIRAN

0
1605

Materi yang disampaikan pada Kegiatan Kemitraan dan Pelibatan Publik sangat menarik bagi para peserta. Salah satu materi yang tersebut membahas tentang Manajemen Homestay yang disampaikan oleh Prayitno yang merupakan praktisi dari Housekeeping Executive Solo Paragon.

Diawal pertemuan Prayitno mengungkapkan bahwa Sangiran memiliki potensi yang besar, banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Museum Sangiran membutuhkan tempat menginap yang nyaman dan ramah dalam pelayanan. Sebagai salah satu tujuan wisata, Sangiran menjadi salah satu daerah yang potensial untuk membuka usaha Homestay. Homestay menjadi alternatif penginapan yang memberikan kenyamanan seperti di rumah sendiri dan seiring waktu semakin diminati orang. Homestay merupakan penginapan dengan fasilitas lengkap. Kadang-kadang sang pemilik rumah juga menempati hunian tersebut bersama-sama para tamu.

Setiap orang yang memiliki rumah dapat memanfaatkan rumahnya sebagai “modal” membuka usaha Homestay. Homestay tidak harus rumah mewah, dengan fasilitas yang sangat banyak dengan berbagai kemudahan dengan sentuhan modern. Saat ini banyak orang berpaling ke yang alami, rumah sederhana tapi bersih dengan fasilitas kamar mandi yang baik banyak disukai oleh calon pengunjung.  Dengan memilih konsep usaha yang tepat dan strategi promosi yang jitu, akan membuat usaha Homestay menjadi lebih baik serta mendatangkan keuntungan.

potensi-usaha-homestay-disangiran

Lebih lanjut Prayitno memberi tips agar Homestay dikenal banyak orang dengan promosi yang mudah dan murah. Dengan memanfaatkan teknologi melalui sms, whatapps, bbm, facebook, twitter, email maupun website promosi bisa dilakukan dengan mudah, Prayitno memberi penjelasan. Dengan meminta tamu yang datang ke Homestay memberikan alamat email maupun no HP kita terus bisa berhubungan para tamu. Contoh mudah misalnya kita sms tamu yang pernah berkunjung dengan mengirim sms ucapan selamat Idul Fitri, lanjut Prayitno. Dengan internet kita bisa membuat informasi tentang Homestay kita, misalnya dengan informasi harga, jalan menuju Homestay, nomor yang bisa dihubungi jika ingin berkunjung dan berbagai informasi lainnya, internet bisa sangat membantu memperkenalkan Homestay miliki kita, sambungnya.

Usaha promosi tersebut dengan mengingat tiga hal, yaitu promosi harus mencari sensasi tetapi tidak menyakitkan hati orang lain, menarik dan unik. Dengan menggunakan metode tersebut kita bisa mempromosikan Homestay sekaligus memperluas relasi dan ini merupakan salah satu bagian penting dari promosi. (Wiwit Hermanto)