UPAYA PELESTARIAN SITUS SANGIRAN MEMERLUKAN KETERLIBATAN PUBLIK

0
1158

Situs Sangiran merupakan situs manusia purba yang begitu luas dan unik, tidak hanya menyimpan kisah perjalanan panjang kehidupan manusia purba dimasa lalu saja tetapi juga berada ditengah-tengah masyarakat yang hidup didalamnya. Situs Sangiran dihuni oleh masyarakat sehingga untuk melestarikannya diperlukan keterlibatan masyarakat sekitar. Untuk merangkul masyarakat dalam upaya pelestarian, BPSMP Sangiran secara rutin telah melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan guna melibatkan masyarakat adalah dengan Kegiatan Kemitraan dan Pelibatan Publik yang mengangkat tema “Publik Dalam Dinamika Pengembangan Pariwisata Situs Sangiran dan Pengelolaan Kelestariannya”. Acara ini digelar selama dua hari yang dimulai Senin 21-22 November 2016 bertempat di BPSMP Sangiran. Peserta kegiatan ini sejumlah 100 orang yang berasal dari masyarakat lokal di Situs Sangiran. Peserta berasal dari unsur Komunitas Masyarakat Situs Sangiran, Perajin di Situs Sangiran, Pemilik Homestay di Situs Sangiran dan Pemilik Rumah Tradisional di Situs Sangiran.

Acara dibuka oleh Sukronedi, S.Si, M.A. selaku Kepala BPSMP Sangiran pada hari Senin 21 November 2016. Dalam sambutannya Sukronedi menyebutkan bahwa Sangiran merupakan situs yang sangat penting bagi pengetahuan. Merupakan kewajiban bersama dalam upaya melestarikan Situs Sangiran, pada saat ini salah satu upaya pelestarian adalah dengan melibatkan publik sebagai pemilik yang sah sebagian besar lahan di Situs Sangiran. Publik dilibatkan guna melestarikan Situs Sangiran karena BPSMP Sangiran tidak akan mampu sendiri melestarikannya, diperlukan keterlibatan publik terutama masyarakat sekitar.

pelestarian-sangiran-melalui-keterlibatan-publik

Kegiatan Kemitraan dan Pelibatan Publik  selama dua hari ini mengetengahkan narasumber dari BPSMP Sangiran dan juga pihak luar yang berkompeten. Pihak yang berkompeten itu berasal dari BAPEDA Sragen, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Sragen. Selain dari unsur dinas, terdapat juga narasumber dari praktisi dari Housekeeping Executive Solo Paragon serta dari akademisi dari Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UNS.

Dengan pelibatan publik melalui kegiatan ini, sekaligus menginisiasi kemitraan antara BPSMP Sangiran dengan para stakeholder pada kesempatan ini adalah masyarakat sekitar. Dengan keterlibatan publik dalam upaya pelestarian Situs Sangiran diharap dapat memperkuat kerjasama dan kemitraan. (Wiwit Hermanto)