Perwinas II Akan Menjadi Lokasi Penyebarluasan Informasi Tentang Sangiran

0
954

Perkemahan Wirakarya Ma’arif Nasional (Perwimanas) II akan diselenggarakan di Magelang yang juga menampilkan beberapa koleksi cagar budaya dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, termasuk Sangiran. Kegiatan ini tidak hanya acara perkemahan dari Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdhatul Ulama tetapi juga menampilkan kekayaan budaya sehingga dapat menjadi pengetahuan generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya. “Para peserta Perwimanas II yang sebagian besar merupakan generasi muda merupakan target penyebaran informasi melalui pameran keliling BPSMP Sangiran”, jelas iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.

BPSMP Sangiran akan tampil menyemarakkan acara ini dengan menampilkan berbagai koleksi yang mampu mengisahkan tentang Sangiran. “Informasi yang disajikan akan menjadi pengetahuan berharga bagi pengunjung, dengan mengenal kisah hidup Homo erectus dan budaya yang mereka ciptakan pada waktu itu akan membawa wawasan baru bagi mereka”, lanjut Iwan bersemangat.

Kisah hidup Homo erectus akan ditampikan dengan koleksi replika tengkorak  Homo erectus serta alat-alat yang mereka ciptakan. Selain itu ada kisah kehidupan rawa yang pernah ada di Sangiran dengan menampilkan replika buaya. Untuk menambah pengetahuan dengan sentuhan teknologi, disajikan dalam touch screen sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Patung rekonstruksi Homo erectus yang banyak menjadi “idola” pada berbagai pameran yang diikuti BPSMP Sangiran disajikan juga untuk menjelaskan kehidupan mereka di Sangiran. Koleksi dan sentuhan teknologi itu ditambah dengan pemandu yang siap memberi penjelasan akan berbagai pertanyaan dari pengunjung. Disiapkan juga berbagai suvenir menarik bagi pengunjung, jadi bagi anda yang berada diseputaran Magelang pada tanggal 18-22 September 2017 sisihkan waktu anda untuk menyaksikan pameran ini. (Wiwit Hermanto)