PEMBUKAAN PAMERAN PURBAKALA DI BUMI SAMIN

0
1262

Pameran Kepurbakalaan dan Bazar Batu Mulia (Gemstone) secara resmi telah dibuka oleh Bapak Bupati Blora Djoko Nugroho semalam. Festival yang dilaksanakan atas kerjasama Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi, dan Informasi (DPPKKI) Kabupaten Blora, Paguyuban Tosan Aji “Toya Padasan”, dan Blora Gemstone Community menampilkan benda-benda pusaka tosan aji, benda-benda purbakala, batu akik, batu alam Suisheki,  serta menampilkan produk-produk ekonomi dari masyarakat UMKM Kabupaten Blora seperti kaos dan batik khas Blora. Pameran dibuka setiap hari sejak tanggal 28 hingga tanggal 31 Mei 2015 dengan jam buka 09.00 hingga jam 21.00 WIB bertempat di GOR Mustika Blora. Aktifis komunitas fotografi Nikon Blora pun tidak ketinggalan untuk memeriahkan kegiatan ini dengan mengadakan lomba “foto on the spot” bertema human interest bagi pengunjung dan masyarakat umum yang menghadiri pameran.

DSC_0038ins

Tari Kalpataru

Pembukaan festival ini dimeriahkan dengan atraksi tarian tradisional Blora dan tari Srimpi dari ISI Surakarta. Pada malam harinya digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di Pendopo Kabupaten Blora dengan bintang tamu komedian Kirun.

DSC_0083ins
Tari Srimpi

Peserta stand kepurbakalaan dihadirkan koleksi-koleksi utama dari berbagai instansi kebudayaan, yaitu Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Balai Arkeologi Yogyakarta, Museum Ranggawarsito Semarang, dan Jurusan Keris ISI Surakarta.

Walaupun pameran baru dibuka secara resmi semalam, pengunjung telah terlihat memenuhi tempat pameran sejak pagi hari.

Dalam sambutannya, Bupati Blora berharap agar kegiatan ini dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat selain mendapat hiburan masyarakat sekaligus dapat belajar dan memperoleh pengetahuan tentang sejarah dan kekayaan budaya Blora. (ISB)