Mengenal Dusun di Sekitar Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan

0
1020

Sebelum kita bahas topik utama hari ini, admin mau nyapa nih temen-temen disini, gimana kabarnya ditahun 2021 ini ? Semoga pandemi segera berakhir dan hal-hal baik terus menyertai. Oiya, berhubung pandemi masih saja berlarut, sayang yah teman-teman kalau Museum Manusia Purba Sangiran belum bisa dibuka untuk umum, jadi teman-teman belum bisa masuk dan berwisata di Museum Sangiran.

Eitss, tapi jangan sedih dulu, kita masih punya topik bahasan yang menarik hari ini. Yaps, sesuai dengan judul artikel ini, kali ini kami ingin memperkenalkan beberapa dusun yang berada disekitar Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan. Dusun apa aja sih, yuk simak pemaparannya !

  1. Ngampon

Dusun ini merupakan dusun yang letaknya paling dekat dengan Museum Sangiran. Dusun ini terletak ditengah-tengah Desa Krikilan. Sejarah dari dusun ini pun sangat unik, dimana dahulu banyak tanaman mpon-mpon yang tumbuh didusun ini, dan oleh masyarakat setempat ditambahilah dengan imbuhan “nga” dan jadilah dusun Ngampon. Tak hanya itu, dusun ini merupakan dusun yang mempunyai sanggar pelestarian kesenian Sangiran yang beranggotakan masyarakat dusun Ngampon. Anggotanya terdiri dari sesepuh dan juga remaja. Banyak turis mancanegara yang belajar disanggar pelestarian ini ketika mereka berkunjung di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan.

2. Pondok

Dusun ini terletak dibagian barat Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan dan bersebelahan langsung dengan Sungai Bapang yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Sragen dengan Kabupaten Karanganyar. Dahulu kala dusun ini ada sebuah pondok pesantren yang banyak muridnya, namun dengan seiringnya waktu pondok itu sudah tidak dihuni dan keberadaannya pun juga sudah tidak ada. Oleh karena itu, masyarakat setempat menamai dusun ini sebagai Dusun Pondok. Konon walaupun dusun  ini sepi penghuninya tapi masih ada orang yang tetap menegakkan sholat 5 waktu.

Didusun ini juga terdapat Bendungan Bapang yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk mencuci pakaian dan mengairi sawah mereka. Jika musim penghujan datang airnya akan membanjiri sawah disekitarnya.

3. Krikilan

Krikilan merupakan sebuah dusun sekaligus nama desa. Dusun ini merupakan dusun yang terletak diutara Dusun Ngampon. Disebut Dusun Krikilan, karena dusun ini banyak krikil atau biasa disebut batu kecil, oleh karena itu masyarakat setempat memberi nama dusun ini Dusun Krikilan. Di dusun ini juga terdapat sebuah sendang yang mana dahulu sendang itu merupakan sumber air dan juga penghidupan di dusun ini. Banyak masyarakat yang menggunakannya untuk mandi, mencuci pakaian, maupun untuk memasak.

Nah itulah beberapa dusun yang letaknya berdekatan dengan Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan. Gimana nih teman-teman? menarik sekali ya topik pembahasan kita hari ini. Oiya admin setuju banget nih kalau setiap tempat itu pasti ada cerita dan sejarahnya masing-masing, sehingga erat kaitannya dengan keberadaan tempat itu sendiri. Oleh karena itu kita harus menghormati setiap cerita dan sejarah suatu tempat. (Nur Rahma Hapsari)