Liburan Imlek Di Sangiran

0
668

Libur tahun baru Imlek 2567 yang jatuh pada hari Jumat, 16 Februari 2018 menjadikan liburan kali ini menjadi libur panjang akhir pekan. Libur tahun baru Imlek ini banyak dimanfaatkan orang untuk menikmati wisata edukasi di 5 museum di Sangiran.
Berdasar data, selama 3 hari libur ini pengunjung di 5 museum Sangiran mencapai 7.487 orang. Pengunjung paling banyak ada di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan yang mencapai 6.000 orang. Sebagai visitor centre Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan memamerkan koleksi pada 3 ruang pamer. Ruang pamer 1 mengangkat tema tentang “Kekayaan Sangiran”, ruang pamer 2 bertemakan “Langkah Kemanusiaan”, dan ruang pamer 3 berisi tentang “Masa Keemasan Homo erectus 500.000 tahun yang lalu”.
Keempat museum yang lain tak kalah informatif dengan mengangkat tema-tema berbeda. Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Bukuran dengan tema “Evolusi Manusia”, Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Ngebung bertema “Sejarah Penelitian”, Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu dengan tema “Sratigrafi Tanah”, dan Museum lapangan Manyarejo menjelaskan tentang “Kolaborasi Peneliti dan Masyarakat”. Museum-museum tersebut mampu menjadi tempat wisata edukasi bagi masyarakat dalam mengisi liburan akhir pekan, salah satunya pada waktu libur tahun baru Imlek kemarin. (Wiwit Hermanto)