KERJA BAKTI BERSIH-BERSIH JALAN, WARGA DESA NGEBUNG TEMUKAN FOSIL GADING GAJAH PURBA

0
1890

Pada hari Minggu tanggal 14 Juni 2015, warga Desa Ngebung tidak menyangka akan menemukan fosil gading gajah purba (Incisivus Elephantidae) berukuran ± 2 m. Menurut Subadi, salah seorang warga Dusun Sendangklampok Ngebung, penemuan fosil ini berawal dari kegiatan kerja bakti gotong royong warga pada hari Minggu pagi. Kegiatan kerja bakti ini bertujuan membersihkan dan memperbaiki jalan sehingga dapat dilewati kendaraan ringan. Setelah ditemukan, warga langsung melaporkan ke pihak BPSMP Sangiran, yang kemudian ditindaklanjuti dengan mengirim staf pelindungan BPSMP Sangiran untuk mengecek dan menyelamatkan temuan.

kerja bakti

Lokasi temuan fosil gading gajah purba ini berada di pinggir jalan tembus dari Dusun Ngrejeng menuju Glagahombo. Lokasi fosil gading gajah ini berada tidak jauh dari lokasi temuan fosil sebelumnya, yaitu kepala kerbau (cranium Bubalus Paleokarabau) yang ditemukan pada tanggal 8 Mei 2015, yang hanya berjarak ± 5 m.

Tindakan warga yang segera melaporkan temuan ke pihak BPSMP Sangiran patut diacungi jempol, karena masyarakat telah sadar akan nilai penting fosil bagi pelestarian Cagar Budaya. Temuan tersebut semakin menambah koleksi fosil Museum Sangiran dan sangat berguna bagi edukasi dan penelitian. (Muhammad Mujibur Rohman)

kerja bakti 2