Kemitraan Dan Pelibatan Publik 2017

0
791

Pada tanggal 29-30 Oktober 2017 dilaksanakan kegiatan Kemitraan dan Pelibatan Publik Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran tahun 2017. Mengambil tema Masyarakat dalam Dinamika Pengembangan Pariwisata Situs Sangiran, kegiatan dilaksanakan di Novotel Hotel, Solo, dan diikuti oleh seluruh undangan baik Narasumber maupun peserta yang diharapkan hadir.

Sebanyak 100 peserta yang hadir terdiri dari dari pengurus dan anggota Komunitas-komunitas Pelestari Situs Sangiran, para pemilik homestay, perajin batok dan batik, pengurus Pokdarwis Sangiran yang baru terbentuk maupun Pokdarwis yang dalam proses inisiasi di Klaster Dayu, dan juga para pemilik rumah tradisional di dalam Kawasan Sangiran. Adapun Narasumber yang berbagi keahlian dan wawasan antara lain dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sragen, Inisiator Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul, Pengelola Desa Wisata Gamplong Sleman, Badan Prakarsa Pengembangan Desa dan Kawasan, serta dari BPSMP Sangiran.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan semakin memperluas wawasan para stakeholder pengelola Situs Sangiran, sekaligus meningkatnya kualitas sumber daya manusia termasuk masyarakat, dan  menggugah kesadaran masyarakat untuk memperkuat komitmen dalam mengelola potensi Situs Sangiran berdasar prinsip kemitraan. (RSP)