INDIKATOR KEBAHAGIAAN DI ACARA HALAL BIHALAL

0
1247

Pagi yang cerah di hari Kamis, 23 Juli 2015 di halaman BPSMP Sangiran, diselenggarakan acara halal bihalal yang dihadiri oleh segenap karyawan BPSMP beserta keluarga Sangiran dengan para undangan yang terdiri dari Mantan Karyawan BPSMP Sangiran, Kepala Desa yang ada di Situs Sangiran, karyawan loket dari Pemda Sragen dan Karanganyar serta tokoh masyarakat sekitar Museum Sangiran. Acara halal bihalal ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia acara halal bihalal yang mengingatkan tujuan acara ini untuk merekatkan hubungan antara sesama karyawan BPSMP Sangiran maupun masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kepala BPSMP Sangiran, Sukronedi, S.Si, MA menyampaikan bahwa selama sebulan berpuasa kita diajarkan untuk menahan hawa nafsu dan di hari fitri ini diharap kita dapat saling bermaafan karena sebagai manusia pasti memiliki khilaf dan dosa antar sesama. Aktifitas dalam pekerjaan sehari-hari dalam bekerja diharap makin meningkat setelah momentum Idul Fitri ini.

Ustad Syaiful Arif dalam tausyiahnya menyebutkan bahwa ada 7 (tujuh) indikator kebahagiaan dunia menurut Sahabat Ibnu Abbas, Pertama, Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur. Kedua, Al azwaju shalihah, yaitu pasangan hidup yang soleh. Ketiga, al auladun abrar, yaitu anak yang soleh. Keempat, albiah sholihah, lingkungan yang kondusif untuk iman kita. Kelima, al malul halal, atau harta yang halal. Keenam, Tafakuh fi dien, memahami agama. Ketujuh, yaitu umur yang barakah. Ketujuh indikator ini diharapkan mampu kita dapatkan setelah sebulan penuh berpuasa dalam bulan Ramadan. (Wiwit Hermanto)

syawalan

Tausyiah yang disampaikan oleh Ustad Syaiful Arif