BPSMP Sangiran Mendukung Perkembangan Masyarakat

0
89

Masyarakat yang bermukim di Situs Sangiran terus berderap dalam gerak dan langkah mereka mengekspresikan diri dalam berkesenian. BPSMP Sangiran selaku pengelola Situs Sangiran sebagai Situs Warisan Dunia mendukung hal ini. Salah satu kelompok masyarakat yang bergerak dalam bidang kesenian adalah Teater Sangir yang tidak saja memanfaatkan kisah masa lalu dari situs ini tetapi berkomitmen turut berperan dalam melestarikan situs ini melalui bidang kesenian.
Kelompok ini secara rutin berlatih bersama anggota mereka, saat akan pentas latihan lebih digencarkan. Pandemi Covid-19 membuat mereka berhenti berlatih sehingga membuat semangat mereka menurun, tidak ada kepastian kapan akan berlatih dan berkumpul kembali. “Sejak pandemi kami berhenti latihan karena dilarang dan guna mencegah penyebaran virus”, jelas Jumadi selaku ketua Teater Sangir.
Namun beberapa waktu ini, Teater Sangir kembali berlatih dan memohon ijin menggunakan Sarana Edukasi yang ada di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan. Permohonan ini kemudian ditindaklanjuti dengan mengijinkan kegiatan latihan di Sarana Edukasi, “Kami ijinkan dengan dasar surat permohonan mereka dan melihat bahwa saat ini era kelaziman normal, dan yang utama untuk mendukung kegiatan komunitas/ masyarakat. Kita mengijinkan dengan mengindahkan protokol kesehatan”, terang Ratna Sri Panglipur, S.S. selaku Kasubbag TU BPSMP Sangiran.
Latihan yang dilakukan ini berlangsung pada hari Jumat jam 19.00-21.00 WIB dengan mengindahkan protokol kesehatan dan didampingi oleh petugas keamanan. Pemilihan hari ini sudah melalui diskusi panjang, banyak hal yang dipertimbangkan oleh Teater Sangir. “Pelatihnya bisanya Jumat malam selain itu, pertimbangan bahwa anggotanya yang berlatih adalah adik-adik usia SMA yang besoknya libur dan ada yang anak kuliah juga besok libur”, jelas Jumadi.
Latihan Teater Sangir ini sangat positif setelah beberapa bulan harus berhenti berlatih apalagi yang berlatih di Sarana Edukasi ini generasi muda yang diharap mampu meneruskan kesenian yang ada. “Saya sangat senang Teater Sangir sudah kembali berlatih, semoga mereka bisa segera tampil apalagi saya dengar mereka memiliki kreasi baru yang pasti dinanti penampilannya”, jelas Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
Teater Sangir terus berkembang mengikuti kemajuan zaman, kelompok ini juga pernah mendapatkan fasilitasi dari BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. “Mereka kami fasilitasi guna meningkatkan kemampuan mereka. Dengan kemajuan ini saya sangat bahagia, artinya fasilitasi yang kami berikan guna peningkatan kemampuan bisa diterima dan saat ini kami fasilitasi tempat semoga membawa berkah”, ungkap Iwan dengan bahagia.
Kebahagiaan ini semoga membawa kemajuan bagi semua, mencoba beranjak dari kesulitan setelah terdampak Covid-19. Seniman bangkit dan Sangiran menjadi inspirasinya yang didukung penuh BPSMP Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR