BPCB Jateng mengadakan kunjungan ke Museum Sangiran

0
827
Peserta penghayatan nilai budaya bangsa melalui Cagar Budaya di ruang T. Jacob

Dalam rangka kegiatan Penghayatan Nilai Budaya Bangsa Melalui Cagar Budaya yang merupakan salah satu program kerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, maka pada Selasa tanggal 25 Juli 2017 diadakan kunjungan ke Museum Sangiran dengan peserta sejumlah 102 orang. Selain kunjungan langsung ke display museum, peserta juga diajak untuk berdiskusi dan menonton film mengenai Situs Sangiran. Peserta mendapatkan wawasan baru dengan mengunjungi Museum Sangiran.

Peserta penghayatan nilai budaya bangsa melalui Cagar Budaya di ruang T. Jacob
Peserta mengajukan pertanyaan kepada Kepala Seksi Pengembangan BPSMP Sangiran

BPCB memiliki fungsi melaksanakan penyelamatan dan pengamanan, zonasi, pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan, dokumentasi dan publikasi, pelaksanaan kemitraan di bidang pelestarian cagar budaya dan yang diduga cagar budaya. Kegiatan yang melibatkan masyarakat, memberikan pengetahuan kepada masyarakat terhadap nilai penting cagar budaya serta mengajak mereka berperan aktif menjaga cagar budaya merupakan agenda yang sebaiknya rutin dilaksanakan.

Peserta merasakan pengalaman menyentuh fosil secara langsung

Pengenalan terhadap warisan budaya bangsa sangat perlu dilakukan mengingat masyarakatlah yang pada akhirnya akan menikmati dan ikut melestarikannya. Semakin mereka mengenal dan memahami makna penting warisan budaya yang sudah dimiliki, maka semakin terbentuklah empati untuk ikut mendukung pelestarian cagar budaya. (Duwiningsih)