Dampak Penggunaan Katalog Augmented Reality Homo erectus Terhadap Penguasaan Materi Evolusi Pada Mahasiswa

0
649

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan buku Augmented Reality yang disusun oleh tim dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, dalam perkuliahan praktikum evolusi. Kelas yang terlibat sebagai responden berjumlah 4 kelas dengan 3 kelas menggunakan buku AR sebagai media pembelajaran, 1 kelas lainnya menggunakan media pembelajaran lainnya tanpa menggunakan buku AR, sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  kelas yang menggunakan buku AR memiliki hasil belajar lebih tinggi dan lebih merata jika dibandingkan dengan kelas tanpa menggunakan buku AR sebagai kelas kontrol. Hal tersebut menjadi asumsi bahwa penggunaan buku AR berpengaruh positif terhadap motivasi belajar evolusi dan berdampak pada penguasaan materi evolusi.

Kata kunci : augmented reality, evolusi, media pembelajaran

Abstract

This research is experimental class research. The aim of this research is to find out the impact of using Augmented Reality book arranged by team for the conservation of early human site Sangiran, on evolution practicum course. There are 4 class that involved as respondent, with 3 addition class use AR book as learning media, 1 another class use the others learning media without using AR book, as control class. The result of data analysis showed that class with using AR book have higher and equitable learning outcomes than class without using AR book as control class. This becomes the assumption that using of AR book gave positive impact to motivation for learning evolution and also to mastering evolutional material. 

Key words: augmented reality, evolution, learning media.

(Rio Christy Handziko, Suratsih, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta)

Selelngkapnya silahkan klik