BUKA GIAT BEKAL BUDAYA SANGGAR SENI SENGGIGHILANG, KADISBUDDA SUALANG APRESIASI PENINGKATAN SENI BUDAYA

0
380

Sulut, Manado.- bekal pendidikan lebih berharga dari pada bekal harta, filsafah tua ini pantas di alamatkan kepada Sanggar Seni senggighilang manado yang menggelar kegiatan bekal budaya dan dibuka resmi Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Jenry.M.Sualang.MAP, Siang tadi Senin (16/12).

Wadah seni pertunjukan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang budaya kearifan lokal, mewujudkan peran serta masyarakat generasi muda dalam pemajuan kebudayaan, mewujudkan kwalitas pelayanan sanggar seni Senggighilang melalui penciptaan, penyajian, pendokumentasian karya seni.

Pesan sambutan pembukaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi utara melalui Kadis kebudayaan daerah
Jenry.M.Sualang menjelaskan” Bahwa Bekal Pendidikan lebih berharga dari pada bekal harta, filsafah ini tak lasim ditelinga masyarakat sepantasnya pemerintah mengapresiasi kegiatan bekal budaya sanggar seni ini karena mampu melahirkan generasi muda millenial yang handal dalam berkarya dan sudah pasti menjadi seorang pemimpin pasti mempunyai jiwa seni yang tinggi” beber Sualang setelah selesai membuka acara yang dimeriahkan dengan tari topeng kreasi.

“Pemimpin Millenial yang hebat adalah Sorang pemimpin yang Sanggup, bijaksana dalam melestarikan seni dan budaya dalam rangka Pemajuan kebudyaan di sulawesi utara ” Pungkas Kadisbudda Sulut Jenry.M.Sualang.

Ketua Sanggar Seni Senggighilang kelurahan bailang manado Nico Somboadile, menuturkan “Sangat berterima kasih kepada bapak Kadis Kebudayaan Daerah sudah mendukung sanggar seni dengan penyampaian motivasi untuk majunya budaya di wilayah Sulut,tentu kami berusaha melahirkan penari budaya yang berprestasi.juga sanggar ini sebagai wadah pelestarian ungkapan estetika melalui festival, lomba, penunjang adat tradisi budaya dari tingkat kabupaten hinggah nasional untuk itu kegiatan Bekal budaya bertema Budayaku adalah Citraku. ” tutur Somboadile juga seorang pelatih tari disanggar seni senggighilang

Fungsi sanggar ini tidak sekedar melatih kejar prestasi melainkan pewarisan nilai-nilai luhur,aktualisasi penyajian karya seni dijadikan bingkai kekuatan karakter bangsa
Juga dijadikan sumber penciptaan karya seni pertunjukan kreatif, inovatif, tranformatif.
Kegiatan yang melibatkan anggota dan masyarakat sekitar kelurahan bailang lingkungan 6 manado, juga nampak hadir Pemerintah kelurahan, tokoh agama, budayawan, seniman, pemerhati dan pengurus sanggar.

Bahwasannya sanggar Senggighilang juga bekerjasama dengan instansi pembina kebudayaan lainnya yakni Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulut Kemdikbud.

Penulis : Tevri ngantung

TINGGALKAN KOMENTAR