Workshop Film Dokumenter BPNB Provinsi Maluku kerjasama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru

0
170

BPNB Provinsi Maluku melakukan kegiatan Workshop Film Dokumenter 2021 bekerja sama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru di Hotel Marina Kota Ambon(Rabu,Kamis/28,29). Dengan menghadirkan narasumber ahli dari Jakarta yang memiliki kapasitas lebih dalam mengolah sebuah visual menjadi sebuah karya yang menakjubkan, salah satunya Yulia Evina Bhara, yang merupakan produser film You And I, sebuah film dokumenter yang baru saja mendapat penghargaan sebagai film dokumenter terpanjang dan terbaik, beserta Tonny Trisumarsono dan Arfan Sabran yang sudah melalangbuana di dunia film dokumenter.

Berkesempatan dengan bertemu bersama komunitas film dokumenter di Kota Ambon juga bersama Fungsional BPNB Maluku untuk menjawab tantangan era sekarang yang serba digital. Sesuai Tugas dan Fungsi BPNB Maluku yang mana menyebarluaskan informasi budaya dan sejarah melalui perekaman film dokumenter, diakui memili banyak kekurangan di segi pengetahuan dan ilmu tentang film dokumenter. Diakui oleh salah satu peneliti BPNB Maluku, Mezak Wakim saat memberikan pertanyaan kepada narasumber yang mana BPNB Maluku hanya mengetahui bahwa script pembuatan film hanya mengacu pada narasi yang dibuat, sedangkan narasi dan script merupakan dua hal yang berbeda. Dengan adanya workshop, ujung tombak BPNB Maluku yaitu fungsional Peneliti dan Pamong Budaya dapat lebih memahami dan menjawab reformasi birokrasi Indonesia di era sekarang.

Workshop Film Dokumenter 2021 ini dilakukan bukan hanya sekadar menambah wawasan kepada SDM BPNB Provinsi Maluku sendiri tetapi melibatkan kurang lebih 24 orang lainnya yang meliputi komunitas film, juru kamera yang memiliki kemampuan lebih dan terlebih khusus turut berkontribusi membantu BPNB Provinsi Maluku untuk menjawab tugas dan fungsi BPNB Provinsi Maluku ditengah masyarakat dan membuka ruang bagi seluruh elemen komunitas film dokumenter untuk berkembang.

Di dalam kegiatan ini terdapat serangkaian tips and trick tentang cara membuat script yang baik dan juga mengambil gambar serta editing dengan baik. Terlihat sudah banyak sekali komunitas ataupun individu yang memiliki kemampuan dilihat dari hasil film pendek yang sangat mengesankan dengan waktu yang singkat. Menjadi kepuasan tersendiri bagi narasumber jika berhasil berbagi ilmu untuk orang banyak dan ilmu itu berhasil diterapkan.

Marchian Talahatu