TEAM BUILDING, UPAYA TINGKATKAN KERJASAMA PEGAWAI BPK WILAYAH XX

0
73

Team building merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja dan kerjasama dalam sebuah tim. Konsep ini telah menjadi bagian integral dari manajemen sumber daya manusia, karena pemahaman yang kuat tentang pentingnya kerjasama dan komunikasi dalam mencapai tujuan organisasi.

kegiatan teambuilding memberikan kesempatan bagi anggota tim untuk saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Melalui berbagai aktivitas dan permainan, anggota tim dapat memahami kekuatan dan kelemahan masing-masing, yang pada gilirannya dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama di antara mereka. Teambuilding juga dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja anggota tim. Melalui pengalaman bersama dalam suasana yang santai dan menyenangkan, tim dapat merasa lebih terhubung dan termotivasi untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Selain itu, kegiatan teambuilding juga dapat membantu mengatasi konflik dan meningkatkan keterampilan resolusi masalah, karena tim belajar untuk bekerja bersama dalam menghadapi tantangan.

Atas latar belakang tersebut Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XX mengadakan kegiatan team building yang dimaksudkan dapat meningkatkan kebersamaan antar pegawai. Mengawali awal tahun 2024, kegiatan outdoor seperti ini dirasa perlu dilakukan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan diantara pegawai. Selain itu, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi kerja kepada pegawai. Pada acara team building yang dilaksanakan pada akhir pekan Januari 2024 di Pantai Sopapei, para pegawai bekerja sama menyiapkan makanan, bermain bersama dan berdoa bersama.