Lomba Video Kreatif “Belajar dari Covid-19” BPNB Maluku

0
458

BPNB Maluku melakukan kegiatan lomba video kreatif “Belajar dari Covid-19” kepada anak sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Lomba ini dilakukan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional pada tanggal 2 Mei 2020, maka BPNB Maluku mengajak seluruh anak sekolah yang termasuk wilayah kerja BPNB Maluku yaitu Maluku dan Maluku Utara.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak-anak selama pandemi Covid-19 yang mana mereka dapat menggali kemampuan diri dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kegiatan lomba video kreatif diikuti kurang lebih 80 peserta dan dipilih 25 peserta sesuai ketentuan lomba.

Antusias anak-anak maupun orang tua/wali sangat membangun dalam kegiatan lomba ini. Pasalnya, ada beberapa orang tuan/wali yang menghubungi secara langsung kepada pihak panitia akan ketertarikan lomba ini terhadap anak mereka. “Beta sangat senang BPNB biking lomba bagini, daripada beta anak maeng game mending dia biking video supaya lebe kreatif”, imbuh salah satu orang tua peserta dengan bahasa melayu Ambon.

Banyak masukan positif dari beberapa peserta yang mengisi kuesioner sebagai bahan evaluasi. Dilakukan tindaklanjut oleh panitia lomba ketika diminta sertifikat lomba oleh salah seorang guru yang membawa murid mereka berlomba. “Kegiatan ini sangat bagus, Pak, apalagi membuat anak-anak lebih kreatif dan mengembangkan kemampuan mereka. Bonus bukan menjadi salah satu yang kami cari, namun pengalaman untuk kedepannya lebih baik lagi. Kita inginkan sertifikat sebagai penghargaan kepada anak-anak ketika mereka ingin beranjak dari sekolah, Pak”, sambut salah seorang guru setelah ditutup penyerahan bonus dari kepala balai, Drs. Rusli Manorek. Tindaklanjut panitia dengan membuat sertifikat dan dikirim langsung kepada tiap peserta merupakan respon baik dari sekolah, orang tua/wali untuk mendukung anak-anak lebih berprestasi.

“Kita akan membuat kegiatan-kegiatan seperti ini lagi, mungkin cerita rakyat maluku yang direkam juga sama seperti lomba video kreatif. Semua akan di publikasi lewat media sosial BPNB Maluku. Untuk itu, ajak semua teman-teman, Adik-adik untuk berpartisipasi dalam kegiatan berikut ya”. Sambut kata terakhir kepala balai sembari mengucap sepatah dua patah kata kepada pemenang lomba video kreatif.

mt.2020