Kolaborasi, Festival Victoria dan Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2023

0
95

Sobat Beta Budaya, siapa yang sudah pernah melihat tarian Maku- Maku?

Bagi Sobat Beta Budaya yang belum pernah, tenang saja. Tari Maku-Maku bersama tarian lain seperti Tari Samra, Tari Sawat, dan kesenian lainnya dapat Beta Budaya saksikan di Festival Victoria 2023.

Mengusung tema bersama “Harmonisasi Nada, Budaya, dan Bahasa dalam Bingkai Kebinekaan” Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XX Provinsi Maluku dan Kantor Bahasa Provinsi Maluku menggelar kolaborasi Festival Victoria 2023 dan Festival Tunas Bahasa Ibu 2023. Kedua instansi yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi ini bekerja sama menciptakan momen yang bertujuan untuk mengenalkan sekaligus melestarikan Budaya dan Bahasa bangsa Indonesia.

Dengan semangat kesatuan, Festival Victoria 2023 menjadi upaya penguatan pemanfaatan Benteng Nieuw Victoria, yang merupakan cagar budaya nasional, menjadi ruang rekreasi, ekspresi dan pendidikan bagi masyarakat sesuai dengan penyelarasan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Bahasa sebagai salah satu objek pemajuan kebudayaan merupakan unsur kebudayaan yang perlu dilestarikan, bersama dengan objek kebudayaan yaitu kesenian, Festival Victoria 2023 dan Festival Tunas Bahasa Ibu 2023 untuk membombardirkan tujuan bersama tersebut.

Festival ini menghadirkan artis lokal daerah Maluku Willy Sopacua, Fresly Nikijuluw, KAK5, Sanggar Budaya Malaori, Sanggar Seni Terumpet Silo, Amboina Jukulele Kids, Sanggar Cakadidi dan Komunitas budaya lainnya. Selain itu, Kandidat – kandidat Bahasa dari 5 Kabupaten di Provinsi Maluku juga menampilkan karya-karya sastra.

Tanggal : Sabtu, 25 November 2023

Pukul : 14.00 WIT – selesai

Lokasi : Lapangan Merdeka Ambon

𝙏𝙀𝙍𝘽𝙐𝙆𝘼 𝙐𝙉𝙏𝙐𝙆 𝙐𝙈𝙐𝙈 𝘿𝘼𝙉 𝙂𝙍𝘼𝙏𝙄𝙎!

Sampai jumpa di Lapangan Merdeka Ambon, Sobat! ❤️‍🔥