Gebyar Kemerdekaan: Festival Musik Tradisional Maluku, Festival Kuliner, Pagelaran Seni dan Budaya, serta Permainan Catur dan Tenis Meja.

0
600

Dalam rangka pendukungan BPNB Maluku terhadap Pekan Kebudayan Daerah Maluku, BPNB Maluku melakukan serangkaian kegiatan yang berlangsung tanggal 17 dan 18 Agustus 2020. Disambut dengan meriah serta antusias masyarakat yang menyaksikan secara langsung ataupun secara daring yaitu lewat live streaming youtube kanal BPNB Maluku dan typing stasiun TRVI Maluku.

Festival kuliner, Pagelaran seni dan budaya serta lomba catur dan tenis meja antar UPT Kemendikbud wilayah Maluku yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2020 dan dihibur oleh deffa Project, salah satu pelaku seni di kota Ambon saat mencicipi hidangan kuliner Maluku. Acara dilaksanakan dengan meriah namun tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

Berbagai kuliner yang disajikan dihidangkan dengan memperhatikan kebersihan. Pagelaran seni dan budaya yang menampilkan beberapa sanggar seni dan budaya serta musikalisasi puisi, kolaborasi bahkan salah satu grup nyanyi kota Ambon yang sudah berkiprah diluar Maluku yaitu KAK5.

Serangkaian kegiatan berikut kembali dilakukan sebagai wujud solidaritas pelaku seni yang terkena dampak COVID-19 di Maluku, yaitu Festival Musik Tradisional Maluku pada tanggal 18 Agustus 2020. Dengan menampilkan sebagai 20 peserta festival musik yang terdiri dari grup musik hawaiian, musikalisasi puisi, tahuri, suling bambu, ukulele bahkan kolaborasi totobuang dan hadrat yang memprentasikan kerukunan umat beragama Salam-Sarane dalam musik.

“BPNB Maluku akan selalu hadir dengan pelaku seni di Maluku dan berharap bantuan dari pelaku seni untuk mendukung kegiatan BPNB Maluku lewat daring dan juga tetap menjaga kesehatan agar tidak memunculkan klaster baru di gedung Aula BPNB Maluku.” tutur kepala Balai, Drs. Rusli Manorek dalam penutupan kegiatan festival musik tradisional Maluku 2020.