Upacara Hardiknas 2023 di BPK Wilayah IV

0
52
Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di BPK Wilayah IV

BPK Wilayah IV menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5) di halaman kantor yang beralamat di jalan Pramuka No. 7. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Jumhari, Kepala BPK Wilayah IV.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 diikuti oleh para ASN BPK Wilayah IV. Para peserta upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 mengenakan baju adat Melayu.

Selaku pembina upacara Jumhari membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim terkait peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan“, demikian potongan teks pidato Nadiem Anwar Makarim yang akrab dipanggil dengan “Mas Menteri” itu. Pidato lengkap Mendikbudristek.

Pada kesempatan tersebut Jumhari didampingi Hariadi, Kasubag Kepegawaian, menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan PNS kepada dua staf BPK Wilayah IV, yaitu Nur Indah Permatasari Hasibuan, A.Md dan Mirza Nurhadi Putra, A.Md.Kom. Kedua staf tersebut merupakan hasil seleksi penerimaan CPNS Tahun 2021. Melalui SK penetapan tersebut keduanya secara resmi menjadi PNS di lingkungan BPK Wilayah IV.

Usai upacara dilanjutkan dengan foto bersama pimpinan dan staf BPK Wilayah IV di halaman kantor. ***

(Jauhar Mubarok)