Tahniah, Penyengat Juara 1 Desa Wisata Rintisan

0
157
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat (foto https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/dpk/masjid-raya-sultan-riau/)

Salah satu destinasi unggulan Kota Tanjungpinang, yaitu Pulau Penyengat ditetapkan sebagai Juara 1 sebagai Desa Wisata kategori Desa Wisata Rintisan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penghargaan tersebut diterima pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar pada Minggu (27/8) di Taman Mini Indonesia Indah.

Pada perhelatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut Penyengat menjadi salah satu dari 4.573 desa wisata yang telah berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini.

Penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 ini berdasarkan pada beberapa kategori yang menjadi kelengkapan sebagai destinasi wisata, di antaranya adalah daya tarik pengunjung, cenderamata, keberadaan penginapan (homestay), toilet, peran media digital dan kreatif, dan kelembagaan Desa Wisata, serta pilar-pilar CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment). Unsur kebersihan, kesehatan, keamanan, serta lingkungan juga menjadi bagian yang mendukung dalam penghargaan ini.

Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 ini terdapat beberapa kategori penghargaan di antaranya adalah Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Rintisan, dan Desa Wisata Terbaik. Dalam penganugerahan ini Penyengat menjadi Juara pada kategori Desa Wisata Rintisan.

Diharapkan melalui penghargaan ini pariwisata Penyengat akan semakin tumbuh dan berkembang. Karena Penyengat mempunyai potensi wisata budaya, wisata sejarah, dan religi yang menjadi andalan destinasi Kota Tanjungpinang tersebut. Setidaknya di Pulau Penyengat terdapat 46 cagar budaya, salah satunya adalah Masjid Sultan Riau. Tahniah. *** (Jauhar Mubarok)