Kompetisi Visualisasi Rempah, Lomba Poster dan Animasi

0
1879

Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan mengadakan kompetisi visualisasi rempah. Ada dua lomba yakni poster interaktif dan animasi.

Konten karya yang dikirimkan harus memiliki kaitan dengan budaya rempah nusantara, baik terkait sejarah, perkembangan, pemanfaatan, khasiat, cerita rakyat yang berkaitan dengan rempah, cerita kekayaan rempah daerah/nusantara dan info lain terkait budaya rempah nusantara.
Peserta kompetisi dibagi menjadi tiga kelompok, yakni Pelajar SMA/SMK/MA Sederajat, mahasiswa dan komunitas budaya/umum. Peserta terdiri dari perseorangan atau kelompok dengan jumlah anggota kelompok maksimal 3 (tiga) orang.

Peserta menentukan judul yang berhubungan dengan tema utama yaitu Budaya Rempah Indonesia. Karya dapat berupa animasi atau poster interaktif dengan durasi 1-3 menit.Peserta mengunggah karya pada akun instagram.

Bagi karyanya yang terpilih menjadi juara, peserta memberi hak penuh kepada Direktorat Pemanfaatan dan Pengembangan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memiliki, menggunakan dan mereproduksi karya visual tersebut dalam segala format untuk kepentingan edukasi masyarakat.

Teknis Kompetisi
Peserta menentukan judul yang berhubungan dengan tema utama yaitu Budaya Rempah Indonesia.
Karya dapat berupa animasi atau poster interaktif dengan durasi 1-3 menit.
Peserta mengunggah karya pada akun Instagram dan diberi keterangan pada caption :
– Deskripsi dan pesan yang ingin disampaikan melalui karya
-Wajib membubuhkan tagar #JalurRempahPPK dan #BudayaRempah
– Tag akun @budaya_maju dan @budayasaya
Seluruh peserta wajib untuk follow akun IG @budaya_maju
Akun IG peserta agar disetting public (tidak di private)
Membuat surat pernyataan kesanggupan mematuhi ketentuan dan pernyataan orisinalitas karya, format surat dapat diunduh melalui https://bit.ly/orisinalitas2020
Surat pada poin 6 kemudian dipindai/scan dan dikirimkan saat mendaftar melalui: https://bit.ly/visualrempah
Dialog dalam film menggunakan Bahasa Indonesia.
Karya tidak mengandung unsur profokasi kekerasan, SARA, sadistik, dan pornografi.
Peserta bertanggungjawab penuh terhadap penggunaan materi dalam karya yang berasal dari pihak ketiga (soundtrack musik, gambar, foto dan teks).
Tidak ada muatan iklan dari dunia usaha dan industri.
Karya merupakan karya orisinil yang tidak pernah ditayangkan sebelumnya. Jika ditemukan plagiasi, panitia berhak menggugurkan peserta.