BPK IV Putar Film di STAIN SAR

0
121
Pemutaran film dokumenter BPK Wilayah IV di auditorium STAIN SAR

Tahun 2023 ini tim Bioskop Keliling BPK Wilayah IV menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN SAR) sebagai lokasi pertama kegiatan pemutaran film. Pemutaran film di kampus STAIN SAR tersebut merupakan rangkaian dari 14 kegiatan pemutaran film yang direncanakan BPK Wilayah IV pada 2023 ini. 14 kegiatan pemutaran film tersebut akan dilaksanakan di dua provinsi wilayah kerjanya, Kepulauan Riau dan Riau.

Pemutaran film di kampus Islam negeri pertama di Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (16-17/6). Pemutaran hari Jumat (16/6) dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB bertempat di auditorium kampus yang beralamat di jalan Lintas Barat KM.19 Ceruk Ijuk, Toapaya Asri, Kabupaten Bintan tersebut. Film yang diputar adalah film “Bot, Perahu Khas dari Bintan”. Usai pemutaran film dilanjutkan dengan diskusi.

Peserta pemutaran film ini selain berasal dari mahasiswa STAIN SAR sendiri, juga turut hadir perwakilan mahasiswa UMRAH, dan STIE Pembangunan Kota Tanjungpinang.

Kegiatan pemutaran film tersebut dibuka oleh Wakil Ketua II STAIN SAR Dr. Almahfuz, M.Si. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala dan Kepala Sub Bagian Umum BPK Wilayah IV, Jumhari dan Hariadi.

Bioskop Keliling merupakan program yang digagas oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah upaya penyebarluasan serta penguatan informasi budaya melalui media film. Film-film yang diputar merupakan film yang telah lulus sensor dan dibeli hak penayangannya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Selain film-film tersebut juga film-film dokumenter yang diproduksi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya.

Pemutaran hari kedua di kampus STAIN SAR, dilaksanakan pada Sabtu (17/6) pukul 20.00 WIB di halaman kampus. Film yang diputar pada kesempatan tersebut adalah “Tari Melemang; tari kayang dari Bintan”.*** (Jauhar Mubarok)