Apa Saja Yang Tersisa Di Benteng Pendem

0
186

Benteng Pendem terletak di Dusun Kebonjati, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah. Pada saat ini halaman dalam banteng telah dibangun beberapa fasilitas pariwisata sedangkan halaman luar berdekatan dengan kilang minyak milik Pertamina. Lokasi benteng ini juga berdekatan dengan pantai Teluk Penyu yang cukup terkenal di Cilacap. Dilingkungan luar banteng juga terdapat makam orang-orang Belanda seperti makam PH.M. Regena Berg istri JN Langaar, asisten Residen Cilacap yang meninggal 22 Mei 1909. Letak Benteng Pendem juga berhadapan dengan Pu;au Nusakambangan yang juga terdapat beberpa banteng lain.
Setelah tidak digunakan oleh RPKAD, banteng Pendem dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah sebagai objek wisata pada tahun 1986. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah juga telah memugar beberapa lokasio yang rusak berat pada tahun 2002 dan 2005. Pada umumnya bangunan mengalami kerusakan kerena faktor alam. Posisinya yang terletak di dekat pantai dan dibawah permukaan tanah berakibat banteng ini kemasukan air pasang dari laut maupun air hujan.
Benteng pendem merupakan bangunan yang terbuat dari batu bata plesteran. Bangunan banteng ini dibangun melalui beberapa tahap. Bangian banteng yang masih dapat dijupai saat ini adalah bangunan penjara, ruang senjata, terowonan, gudang, dapur, bangunan akomodasi, barak prajurit, tembok pertahanan, tempat pengintaian, dan parit.

TINGGALKAN KOMENTAR