Pameran Partisipasi sebagai Media Edukasi Konservasi Cagar Budaya

0
28

Pameran Partisipasi sebagai Media Edukasi Konservasi Cagar Budaya

Cagar budaya merupakan warisan yang mempunyai nilai penting bagi ilmu pengetahuan dan masa depan bangsa. Peninggalan budaya yang mempunyai nilai universal disepakati oleh sejumlah Negara anggota UNESCO menjadi warisan budaya dunia, diantaranya Candi Borobudur. Salah satu media publikasi untuk memunculkan kembali nilai luhur yang terkandung dalam warisan budaya adalah melalui pameran partisipasi. Balai Konservasi Borobudur (BKB) di tahun 2019 mengikuti beberapa pameran partisipasi sebagai media edukasi konservasi cagar budaya, khususnya Candi Borobudur. Diantara pameran partisipasi yang diikuti adalah Expo Unsoed 2019 yang berlangsung di Gedung Auditorium Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Expo tersebut digelar  10 s.d. 13 Oktober 2019 mengusung tema “Mengembangkan Inovasi IPTEK yang Kreatif dan Berdaya Saing untuk Mendukung Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan di Era Industri.

 

 

 

 

 

Edukasi tentang konservasi dan upaya pelestarian cagar budaya yang dipublikasikan melalui pameran tersebut diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap cagar budaya. Hubungan kerjasama antar pelestari cagar budaya, universitas, peserta pameran dengan mahasiswa diharapkan juga semakin meningkat. Materi pameran yang disampaikan oleh BKB disusun dalam bentuk banner, poster, foto, film, buku, leaflet dan materi interaktif.

Selain Balai Konservasi Borobudur, Expo Unsoed 2019 juga diikuti oleh instansi lain, seperti mitra UKM dan industri kreatif binaan UNSOED, pemerintah daerah, dan universitas lain baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat umum juga digelar sebagai pendamping pameran.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR