Sepak Terjang Galeri Nasional Indonesia

0
221

Jakarta – Galeri Nasional Indonesia (GNI) menyelenggarakan Jumpa Pers Akhir Tahun 2016, Rabu (21/12), di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia. Turut hadir Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus ‘Andre’ Sukmana, Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan GNI Zamrud Setya Negara, Kepala Seksi Pengumpulan dan Perawatan GNI Sumarmin, Kurator GNI Asikin Hasan dan Citra Smara Dewi.

Segala sepak terjang dan rencana aktivitas menyongsong 2017 pun dipaparkan dalam kegiatan ini. Mulai dari jumlah pengunjung, penjelasan dari semua pameran yang telah diselenggarakan di GNI pun dijelaskan. “Pada tahun 2015, GNI berhasil memfasilitasi 808 seniman dengan 1365 karya yang ditampilkan. Pada tahun 2016, kami berhasil memfasilitasu 851 seniman dengan 1881 karya,” jelas Tubagus.

Sepanjang 2016, GNI telah melaksanakan berbagai tugas dan fungsinya yang telah diwijudukan dalam berbagai program yaitu, pameran, pelayanan edukasi, publikasi, dan kemitraan seputar karya seni rupa dan eksistensi GNI, juga perawatan koleksi dan akuisisi. “Dari segi pelayanan edukasi rencananya pada 2017, kami juga akan membuat ruang seni rupa anak dan dibuat seinteraktif mungkin,” harap Tubagus. Sarana dan prasaran juga akan dilengkapi dan dijaga dengan baik demi kenyamanan pengunjung museum.

Tubagus juga menuturkan bahwa pengunjung GNI didominasi oleh generasi muda. Mereka yang hadir pun tak hanya melakukan aktifitas ‘selfie’ namun juga menikmati karya. Tubagus berharap bahwa mereka tak hanya ‘selfie’ namun juga meresapi karya seni demi lestari dan maju budaya Indonesia. Dalam kesempatan ini, juga dipaparkan jumlah pengunjung tertinggi adalah Pameran Tetap dengan jumlah pengunjung 89.885. Pameran “17:71 Goresan Juang Kemerdekaan juga mampu memikat pengunjung, terbukti 35.163 hadir dalam acara ini.

Menyambut 2017, GNI telah menyusun sederet program yang bersifat internal maupun eksternal seperti Pameran Seni Rupa Nusantara, Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI, Pameran Triennale Seni Patung Kontemporer Indonesia, Pameran Keliling GNI di Lampung, Pameran Keliling GNI di Gorontalo, Pameran Gambar Cadas, dan Pameran tunggal beberapa perupa Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR