Kegiatan Pemantauan Laju Kerusakan Lukisan DInding Gua Prasejarah Periode IV di Dusun 11 Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara

Halo Sahabat Budaya!

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX telah melaksanakan Kegiatan Pemantauan Laju Kerusakan Lukisan Dinding Gua Prasejarah Periode IV, yang berlokasi di Dusun 11, Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 11 sampai 15 Desember 2023.

Tujuan kegiatan ini adalah mengumpulkan data visual terkini dan kondisi kerusakan yang terjadi, faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi kondisi kelestarian lukisan dinding (rock art) gua prasejarah, dan untuk memonitoring perkembangan kondisi atau proses terjadinya kerusakan lukisan dinding gua prasejarah di wilayah kerja Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX.

Adapun metode yang digunakan adalah memilih sampel mewakili berbagai kondisi yang diduga sangat mempengaruhi kondisi kelestarian lukisan dinding gua prasejarah tersebut. Proses kegiatan meliputi melengkapi peta situasi situs, denah gua, melakukan pemotretan sampel, merekam kondisi klimatologi, dan lingkungan fisik (hayati dan non-hayati).

bpkwilayahxix #marospangkep #guaprasejarah

kabupatenmuna

liangkabori