Wayang Orang Kresna Duta Menuju Jerman

Wayang Orang Kresna Duta Menuju Jerman

0
198

Wayang Orang Kresna Duta Menuju Jerman – Sri Kresna dalam cerita pewayangan merupakan duta Pandawa yang diutus menemui Kurawa. Cerita dari Kresna ini menjadi menarik untuk dipentaskan terutama dalam menyebarkan pesan kebudayaan kepada masyarakat. Pemain wayang orang Jakarta dan Solo yang tergabung dalam Yayasan Paaramarta Karya Budaya menganggap bahwa pagelaran wayang orang adalah salah satu cara untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat, terutama masyarakat Internasional.

Usaha ini menjadi perhatian khusus bagi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, yang memberikan dukungan penuh agar terlaksananya acara pagelaran wayang orang, yang kali ini akan dilaksanakan di Jerman pada Mei 2019. Selain didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, pagelaran yang dipentaskan oleh 40 orang pemain wayang orang pilihan ini juga didukung oleh Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman, serta Diaspora Indonesia di Bremen.
Sebelum pagelaran wayang orang Kresna Duta ini ditampilkan di Jerman pada bulan Mei tahun 2019, pementasan wayang orang akan dilaksanakan di Gedung Kesenian Jakarta pada 16 November 2018 dan akan dibawakan dalam bahasa Jawa dan dilengkapi dengan narasi berbahasa Jerman dengan durasi pertunjukan selama 90 menit.

Pihak-pihak yang terlibat antara lain Sutradara: Teguh “Kenthus” Ampiranto, Penulis naskah oleh Undung Wiyono, Koreografer oleh Nanang Ruswandi, dan Penata Iringan oleh Lukas Danasmoro.

Dalam Konferensi Pers di Gedung Kemendikbud (14/11) kemarin, Prasti Rachmadi Pomarius dari Yayasan Paramarta Karya Budaya menyampaikan bahwa pegelaran wayang orang ini bisa terlaksana berkat kerja sama semua pihak. “Inti dari tujuan pagelaran ini adalah ingin mengembalikan popularitas kesenian wayang orang di Indonesia. Dengan ini kami berharap popularitas wayang orang kembali meriah. Kami juga berterima kasih kepada Bapak Hilmar Farid sehingga proyek ini bisa terwujud.“

Kresna Duta, secara harfiah bermakna seorang bernama Kresna yang ditugaskan menjadi utusan. Yakni utusan alias duta bagi Pandawa untuk menghadap Kurawa. Adalah Pandawa (5 bersaudara) dan Kurawa (100 bersaudara), saudara sepupuan, ayah keduanya kakak-beradik. Pandawa dikenal sebagai pribadi yang baik, sedangkan Kurawa terkenal karena perangai buruknya. Bagaimana kisah dan akhir kisah Kresna Duta? Untuk itu kehadiran Anda sangat diperlukan agar tahu bagaimana akhir kisah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR