Upacara Hari Sumpah Pemuda 2013

  • Post author:
  • Post category:Berita

Jakarta, Ditjen Kebudayaan Kemdikbud – Senin, 28 Oktober 2013 bertempat di Lapangan Museum Sumpah Pemuda (Jl. Kramat Raya No. 106), pada pukul 08.00 WIB berlangsung upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipimpin langsung oleh Sekertaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Gatot Ghautama.

Sekertaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Gatot Ghautama

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2013 memiliki tema “Mewujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi”. Hari Sumpah Pemuda yang terjadi tanggal 28 Oktober 1928 memiliki tujuan untuk mempersatukan organisasi-organisasi pemuda di Indonesia. Semua perkumpulan pemuda didesak untuk meleburkan diri dalam suatu perkumpulan pemuda yang berdasarkan kebangsaan Indonesia. Untuk mempersatukan organisasi-organisasi tersebut kemudian diadakan suatu kongres yang dikenal dengan Kongres Sumpah Pemuda II.

Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 yang diketuai oleh Soegondo Djojopoespito berjalan dengan baik dan keputusan Kongres Pemuda tersebut ternyata tidak hanya disetujui oleh organisasi-organisasi pemuda di Indonesia saja, tetapi juga oleh organisasi pemuda Indonesia di Negeri Belanda yaitu Perhimpunan Indonesia.

20131028_071433[1]

Isi dari Sumpah Pemuda tersebut antara lain :

Pertama    : Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua         : Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga         : Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Para Peserta Upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013 ini terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para mahasiwa, pelajar-pelajar, veteran-veteran, dll.

 Selamat Hari Sumpah Pemuda Indonesia yang ke- 85 Tahun!