Rodrigo: ‘Spanyol Tidak Hanya Seputar Sepakbola. Spanyol itu Fashion’

  • Post author:
  • Post category:Berita

Jakarta – Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Kedutaan Besar Spanyol mengadakan Pameran Para Pengintai Mode? Nama-nama Penting dalam Fesyen Spanyol: perjalanan melalui pemburu mode paling terkemuka dalam industri fesyen spanyol selama kurun waktu 4 dekade terakhir. Dalam pameran ini akan di pamerkan 67 karya desainer terkemuka di Spanyol dalam bentuk fotografi.

Kamis, (30/7) bertempat di Gedung B Galeri Nasional Indonesia menyelenggarakan acara pembukaan kegiatan pameran. Acara ini dihadiri oleh Tubagus ‘Andre’ Sukmana, Kepala Galeri Nasional Indonesia, Rodrigo de la Vina Muhlack (Wakil Kepala Kedutaan Besar Spanyol), Pedro Mansilla, seorang sosiolog terkenal, wartawan dan kritikus fesyen, kolega dari Kedutaan Spanyol, seniman, wartawan serta masyarakat umum.

Jamuan minuman serta makanan kecil menjadi ucapan selamat datang bagi para tamu yang menghadiri acara ini. Pembukaan acara diawali sambutan dari Tubagus ‘Andre’ Sukmana. Beliau berujar bahwa ini merupakan pengalaman berharga, memberi inspirasi dan mengetahui kemajuan fashion di Spanyol. “Saat ini Indonesia sedang gencar ekonomi kreatif dimana fashion salah satu subsektor yang juga sedang berkembang. Banyak perancang kita berkiprah di internasional”, tuturnya.

IMG_0889

Tubagus ‘Andre’ Sukmana juga menjelaskan bahwa pameran ini sebagai karya fotografi dengan tekhnik fotografi yang sangat baik. Terdapat 67 karya desainer handal di Spanyol dalam bentuk fotografi di tampilkan dalam pameran. Hal ini bisa menjadi sumber inspirasi fashion bagi negara kita. “Mudah-mudahan pameran seperti ini bisa menjadi pelengkap acara di Galeri Nasional Indonesia yang bisa menampilkan karya dari negeri sahabat sebagai acara pertukaran budaya sebagai menandakan persahabatan”, tukas Andre. Menutup sambutan, mengucapkan selamat kepada Kedutaan Spanyol dan kurator yang telah menyuguhkan ini.

IMG_0884IMG_0891

Pedro Mansilla juga mengapresiasi Galeri Nasional Indonesia karena telah berhasil menyelenggarakan pameran ini. “Ini seperti dream comes true”, tuturnya. Beliau juga berujar bahwa acara seperti ini sangat penting. Berbagai upaya serta usaha yang telah dilakukan demi acara ini, sungguh terealisasikan dengan baik. Pedro juga mengharapkan masyarakat dapat menikmati karya-karya desainer hebat Spanyol. Seluruh foto yang ditampilkan merupakan foto terbaik dari para desainer.

IMG_0895

“Kebanyakan orang mengetahui Spanyol itu, dari permainan klub sepakbola”, tutur Rodrigo de la Vina Muhlack. Rodrigo berujar bahwa Spanyol tidak hanya sepakbola namun Spanyol itu sangat luas. Spanyol itu kebudayaan, bahasa, demokrasi, arsitek, ekonomi, banyak monumen dan museum dengan masyarakat yang memiliki kemampuan tinggi. “We are not only football. We are a very biggest companies. Spanish is the sexiest language in the world. Spanish is fashion. I will you enjoy.. “, ujarnya mengakhiri sambutan.

IMG_0903

Setelah sambutan berakhir, para pejabat beserta tamu yang hadir diperkenankan untuk melihat koleksi fotografi dari para desainer handal Spanyol. 67 karya fotografi dipamerkan. Tidak hanya foto namun berbagai kutipan menarik terkait fashion menghias ruangan tersebut.