Rembuknas 2018 Hadirkan Ragam Karya Cipta Anak Bangsa

0
1065

Ada yang berbeda di pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018. Mengusung tema “Unjuk Kinerja Kemendikbud”, area ini dipenuhi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unjuk gigi. Ragam hasil karya mereka memenuhi hampir separuh anjungan yang tersedia, mulai dari mobil offroad, batik, kendi gerabah, buah-buahan, kue sampai ilustrasi navigasi perahu layar.

Ragam karya para pelajar SMK ini tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan  hasil produk yang mereka ciptakan. Presiden Jokowi bahkan menyempatkan melihat-lihat dan berbincang dengan salah satu siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri tentang pembuatan mobil formula hybrid buatannya, saat berkunjung ke pameran RNPK, Selasa (7/2) lalu.

Selain bidang otomotif, SMK dengan jurusan agrobisnis juga tak kalah menarik perhatian. SMK Negeri 2 Metro, Lampung, misalnya, mereka membawa sekitar 250 bibit dari 12 jenis tanaman buah untuk dipamerkan, seperti durian, kelengkeng, mangga madu, nangka mini, cempedak, dan jambu kristal merah.

Sementara, dari bidang tata boga, SMK 9 Bandung memasarkan hasil kulinernya mulai dari somay, roti, sampai sandwich daging. Selain otomotif, agrobisnis, dan tata boga, di pameran RNPK 2018 juga turut menghadirkan beberapa SMK dari bidang lainnya, seperti tekstil, kecantikan, pariwisata, teknologi informatika, kemaritiman, kriya kayu, logam, budaya, dan literasi.

Pameran RNPK 2018 terbagi menjadi beberapa anjungan, antara lain Anjungan Pendidikan Vokasi, Anjungan Teknologi Pembelajaran, dan Anjungan Kebudayaan. Selain para pelajar SMK yang datang dari berbagai wilayah Indonesia, stan juga diisi dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Ruang Guru, Seameo seamolec, dan unit-unit kerja di linngkungan Kemdikbud.

Pameran “Unjuk Kinerja Kemdikbud” diselenggarakan dr tanggal 5-8 Februari 2018, dan dibuka sejak pukul 08.00-19.00 WIB. RNPK merupakan gelaran tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berlokasi di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemdikbud, Sawangan, Depok.

TINGGALKAN KOMENTAR